Jumat, 19 April 2024

Besok Vaksinasi di G10N Khusus Usia 12-17 Tahun, Sabtu Ini Terakhir untuk Umum

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Antrean peserta vaksinasi di Gelora 10 November atau Stadion Tambaksari Surabaya. Foto: Humas Pemkot Surabaya

Kegiatan vaksinasi untuk masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas di Gelora 10 November (G10N) Surabaya terakhir hari ini, Sabtu (10/7/2021). Minggu (11/7/2021) besok, vaksinasi di G10N difokuskan untuk anak-anak usia 12-17 tahun.

Febriadhitya Prajatara Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya menyampaikan itu kepada Radio Suara Surabaya, Sabtu (10/7/2021) siang. “Kami mohon maaf, hari ini terakhir vaksin untuk masyarakat umum karena besok kami lakukan vaksinasi ke yang usia 12-17 tahun,” ujarnya.

Khusus untuk usia 12-17 tahun, besok, ada syarat yang perlu dipenuhi. Anak-anak dan remaja yang bisa vaksin hanyalah mereka yang sudah dihubungi oleh pihak sekolah. Bagi mereka yang belum mendapatkan undangan untuk datang diminta untuk menunggu dan tidak datang ke G10N secara mandiri.

Febri Kabag Humas Pemkot Surabaya mengatakan, tujuan pengaturan dengan skema seperti itu untuk mempermudah alur koordinasi. mengingat pelajar SMA/SMK masih berada di bawah wewenang Pemerintah Provinsi Jatim.

“Tentunya bagi mereka (sekolah) yang sudah dihubungi oleh rekan-rekan Dinas Pendidikan. Karena tidak semua usia 12-17 tahun se-Surabaya besok (bisa) ke Tambaksari. Hanya (siswa di) sekolah-sekolah yang sudah dihubungi dinas,” ujarnya.

Sedangkan sisanya, Febri meminta pelajar dan wali murid untuk bersabar. Rencananya, vaksinasi juga akan digelar di masing-masing sekolah.

“Kalau wali murid sudah dihubungi bisa datang. Pastikan dulu, jangan asal datang. Koordinasi dulu dengan sekolah karena InsyaAllah nanti ada (vaksinasi) di sekolah masing-masing,” ujarnya.

Dia mengimbau, peserta vaksinasi hanya diantar satu orangtua atau pendamping untuk menghindari kerumunan. Peserta diminta membawa Kartu Identitas Anak (KIA) atau fotokopi Kartu Keluarga (KK) yang sudah ditandai, mana anggota keluarga yang akan mengikuti vaksinasi.

“Yang punya KIA (Kartu Identitas Anak) silakan dibawa, kalau belum silakan bawa KK dengan langsung distabilo agar petugasnya bisa tahu ‘oh anaknya yang ini’,” kata Febri.

Selama tiga hari kegiatan vaksinasi di Gelora 10 November Surabaya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya mencatat, sudah ada sebanyak 140 ribu sasaran warga Surabaya yang mendapatkan suntikan vaksinasi dosis pertama pada 6-8 Juli 2021.

Febri mengatakan, kalau dirata-rata, vaksinasi di G10N mampu menyasar 49 ribu jiwa per hari selama tiga hari pelaksanaannya.(tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs