Jumat, 29 Maret 2024

BNPB Distribusikan Bantuan Logistik kepada Korban Banjir di Batu

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Tim gabungan melakukan upaya pencarian dan pertolongan korban banjir bandang di sepanjang aliran sungai di Kota Batu, Jawa Timur, Jumat (5/11/2021). Foto: Humas BNPB

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kota Batu mengirimkan beberapa jenis bantuan penanganan banjir bandang Kota Batu pada Jumat (5/11/2021).

Bantuan yang didistribusikan mulai hari ini berupa 200 lembar selimut, dua unit tenda pengungsi, 201 paket lauk pauk, 200 lembar matras, 204 paket makanan siap saji, dan dua ribu lembar masker.

Abdul Muhari Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB mengatakan, hingga saat ini, tim gabungan terus berupaya melakukan langkah-langkah percepatan penanganan banjir bandang.

Antara lain, dengan mengutamakan operasi pencarian pertolongan, pembersihan sisa material banjir bandang, mendirikan tempat pengungsian dan distribusi logistik kepada para penyintas.

Sebelumnya, korban meninggal akibat banjir di Kota Batu tercatat ada lima orang. Dua di antaranya adalah ayah dan anaknya yang masih berusia 3,5 tahun, sedangkan tiga jenazah lainnya belum teridentifikasi.

Ke lima jenazah tersebut ditemukan di Desa Beru, Bumiaji, Batu. Sehingga tim gabungan memfokuskan pencarian di titik tersebut, di mana jenazah terakhir ditemukan.

“Kami fokuskan pencarian di lokasi terakhir jenazah ditemukan, terhitung ada lima jenazah di sekitar situ. Sehingga dipusatkan di Beru,” kata AKBP I Nyoman Yogi Kapolres Batu kepada Radio Suara Surabaya.

Proses pencarian korban banjir di Batu, menurut Yogi, memiliki dua tantangan. Faktor cuaca dan material lumpur. Apalagi, saat ini di Batu sedang mendung. Sehingga jika hujan turun akan menyulitkan proses pencarian. Pun juga ancaman banjir susulan di daerah tersebut.

“Terlebih di daerah-daerah yang dekat dengan aliran sungai. Kalau curah hujan tinggi kami khawatir adanya banjir susulan,” kata Yogi.(tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs