Sabtu, 27 April 2024

Delapan Pejabat Pemprov Jatim yang Kontak Erat dengan Gubernur Positif Covid-19

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi. Khofifah saat menyerahkan Nota Pelaksanaan Tugas kepada kepala daerah di Jatim, Sabtu (5/12/2020). Foto: Humas Pemprov Jatim

Tracing terhadap pejabat dan ASN Pemprov Jatim yang pernah kontak erat dengan Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim sudah berlangsung. Delapan pejabat Pemprov Jatim dinyatakan positif Covid-19.

Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur mengatakan, tes usap terhadap pejabat maupun ASN di lingkungan Pemprov Jatim dengan hasil positif, menurutnya bukan pertama kalinya terjadi.

“Ini bukan yang pertama kalinya kami melakukan swab dan ada yang positif. Sudah ada SOP-nya sangat jelas, bagaimana kemudian insan Pemprov itu melakukan isolasi mandiri,” ujar Emil, Selasa (5/1/2021).

Emil membenarkan, SOP itu juga berlaku untuk delapan pejabat Organisasi Perangkat Daerah OPD yang terkonfirmasi positif Covid-19. Yang bersangkutan, kata dia, juga harus melakukan isolasi mandiri.

“Delapan OPD ini, ya, sama tentunya. Yang bersangkutan ini harus isolasi mandiri,” kata Emil ditemui di Kantor Gubernur Jalan Pahlawan.

Tidak cukup itu, kantor pejabat tersebut atau tempat-tempat di kantor dinas yang melekat dengan tempat kerja pejabat bersangkutan juga perlu ditutup sementara agar bisa dilakukan sterilisasi.

“Bukan satu dinas ditutup, ya, tapi tempat yang bersangkutan bekerja, misalnya sekretariat yang melekat langsung pada Kepala OPD itu yang di-lockdown dulu, didisinfektan seluruh lokasinya,” katanya.

Terkait dengan keberlangsungan kinerja OPD yang dipimpin oleh para pejabat itu, Emil mengatakan, ini tergantung kondisi pejabat bersangkutan. Kalau tanpa gejala, yang bersangkutan masih bisa memimpin.

“Kalau tanpa gejala, seperti Gubernur, mereka masih bisa berinteraksi secara daring. Tapi tentunya, lokasi kantornya akan ditutup dulu, didisinfektan untuk meminimalisir penyebaran,” ujarnya.

Sayangnya, Emil tidak menyebutkan siapa saja delapan pejabat Pemprov Jatim yang dinyatakan positif Covid-19 hasil tracing terhadap orang yang pernah kontak erat dengan Khofifah Gubernur Jatim.

Dari informasi yang didapat suarasurabaya.net, delapan pejabat ini dinyatakan positif setelah Satgas Covid-19 Jatim melakukan tracing terhadap 60 orang pejabat dan ASN di lingkungan Pemprov.(den/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs