Jumat, 19 April 2024

Desa Claket Mojokerto Jadi Sentra Pembibitan Bambu

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Pencanangan Desa Claket, Mojokerto sebagai sentra pembibitan bambu pada peringatan hari lingkungan hidup sedunia 2021 di Mojokerto, Sabtu (5/6/2021). Foto: Antara

Pemerintah Kabupaten Mojokerto mencanangkan Desa Claket, Kecamatan Pacet sebagai sentra pembibitan tanaman bambu menyusul wilayah ini memiliki sumber air yang bagus.

Dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021 di Mojokerto, Ikfina Fahmawati Bupati Mojokerto mengatakan Desa Claket punya sumber air yang bagus dan cocok untuk budi daya tanaman bambu yang punya banyak manfaat.

“Saya berharap pemerintah bisa kerja sama dengan Yayasan Bambu Lestari untuk mengembangkan program ini lebih luas lagi. Semoga tidak hanya di Desa Claket, tapi bisa menular ke desa-desa lain,” katanya dilansir dari Antara, Sabtu (5/6/2021).

Didik Chusnul Yakin Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mojokerto mengucapkan terima kasih kepada bupati yang telah mencanangkan Desa Claket sebagai sentra pembibitan dan edukasi tanaman bambu.

“Terima kasih kepada Ibu Bupati yang sudah mengapresiasi Desa Claket dan mencanangkannya sebagai sentra pembibitan tanaman bambu. Semoga apa yang kita laksanakan hari ini, bisa membangun kesadaran bersama agar lebih peduli keselamatan lingkungan,” ujar dia.

Dalam pencanangan ini, Pemerintah Kabupaten Mojokerto juga memberikan penghargaan desa berseri dan peka kelola kepada beberapa desa, pelaku usaha, serta berbagai inovasi kegiatan yang dinilai berperan dalam upaya membantu pemerintah dalam melestarikan lingkungan.

Pemenangnya diraih oleh Desa Sooko, Kecamatan Sooko, diurutan kedua diduduki Desa Sumbergirang, Kecamatan Puri, dan ketiga Desa Pohjejer Kecamatan Gondang.

Juara harapan pertama diraih Desa Kertosari, Kecamatan Kutorejo, kedua Desa Tinggar Buntut, Kecamatan Bangsal, dan ketiga Desa Mojolebak, Kecamatan Jetis.(ant/frh)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs