Jumat, 26 Februari 2021

Elemen Masyarakat Surabaya Bangun Kesadaran Bersama Patuh Prokes

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Meimura saat beraksi di pasar tradisional menampilkan Besut dan Rusmini ingatkan masyarakat pentingnya pakai masker. Foto: Totok/dok suarasurabaya.net

Sejumlah elemen masyarakat di Kota Surabaya bergabung membangun kesadaran bersama tentang kepatuhan pada protokol kesehatan karena pandemi Covid-19 belum usai.

“Akan ada aksi atau kegiatan dalam berbagai bentuk yang akan dilakukan elemen-elemen masyarakat tersebut. Aksi-aksi untuk bersama-sama masyarakat membangun kesadaran akan kepatuhan pada protokol kesehatan. Ini penting dilakukan,” terang Meimura satu di antara inisiator aksi, Senin (25/1/2021).

Menurut Meimura yang sudah menjalankan aksi ngedan di pasar dengan menampilkan sosok Besut dan Rusmini saat membagikan masker, bahwa kesadaran masyarakat akan pentingnya menjalankan protokol kesehatan tersebut masih minim.

“Kawan-kawan dari Gusdurian, Banser, Jogo suroboyo dan elemen lainnya melihat bahwa ini harus digerakkan bersama. Masyarakat harus diajak bersama membangun kesadaran itu. Kesadaran patuh protokol kesehatan sekaligus memahami bahwa pandemi memang belum selesai,” ujar Meimura.

Karena itu, lanjut Meimura, bersama elemen masyarakat tersebut gerakan dilakuan tidak hanya di pasar tradisional.

“Kami akan bergerak di kampung, atau di masing-masing wilayah dengan misalnya memasang baliho, spanduk mengajak masyarakat bersama patuh protokol kesehatan,” tegas Meimura.

Jika sebelumnya Meimura bergerak sendiri menampilkan sosok Besut dan Rusmini, kali ini gerakan seperti itu dijadwalkan digelar secara masive dan melibatkan banyak elemen masyarakat karena untuk membangun kesadaran bersama.

“Kami juga berupaya menghubungi instansi pemerintah terkait untuk bersama-sama membangun kesadaran itu. Karena sejatinya ini adalah kerja bersama masyarakat dalam masa pandemi yang berdampak pada setiap orang. Ini yang harus dipahami bersama juga, ” pungkas Meimura. (tok/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Tabrak Warung di Sidoarjo

Truk Terguling di Prigen

Terguling dan Muatannya Tumpah

Mobil Masuk Sungai di Jemursari

Surabaya
Jumat, 26 Februari 2021
24o
Kurs