Selasa, 19 Maret 2024

Gojek dan AMSI Gelar Penghargaan Karya Jurnalistik Kreasi Pewarta Anak Bangsa

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan

Gojek pada tahun ini kembali menggelar Kreasi Pewarta Anak Bangsa (KPAB), suatu ajang penghargaan bagi jurnalis yang menghasilkan karya jurnalistik berkualitas, bermanfaat bagi masyarakat serta turut berkontribusi membangun ekonomi digital di Indonesia.

Ajang ini memasuki tahun kedua setelah untuk pertama kalinya digelar dengan sukses pada 2020. KPAB tahun ini digelar mulai 27 September 2021 hingga 30 Oktober 2021, berkolaborasi dengan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI). Kompetisi ini bertujuan membangun semangat masyarakat di tengah pandemi yang masih berlangsung, untuk produktif dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Program KPAB 2021 ini juga bagian dari perayaan 11 tahun Gojek, yang menandakan perjalanan untuk terus tumbuh bersama dan membuat perubahan positif, untuk masyarakat dan bangsa.

Audrey Progastama Petriny VP Corporate Communications Gojek sekaligus Ketua Penyelenggara Kreasi Pewarta Anak Bangsa, mengatakan, “Insan pers berkontribusi sangat besar dalam menginspirasi dan turut mencerdaskan bangsa melalui karya-karya jurnalistik. Insan pers juga berperan besar dalam mendorong Gojek untuk selalu berinovasi guna mendukung masyarakat menjalankan protokol kesehatan dan tetap produktif meski kita masih berada di tengah pandemi.”

Ia menambahkan melalui penyelenggaraan KPAB 2021, Gojek berharap semakin banyak karya-karya jurnalistik berkualitas. “Karya jurnalistik yang lahir untuk mengajak masyarakat tetap positif dan produktif di tengah pandemi ini sejalan dengan berbagai inovasi layanan yang dihadirkan oleh platform digital,” katanya.

AMSI menyambut baik kolaborasi ini. “Inisiatif ini sejalan dengan semangat kami untuk mendorong lahirnya lebih banyak karya-karya jurnalistik yang berkualitas. Kami berharap kompetisi ini dapat menggairahkan optimisme masyarakat agar tetap produktif selama pandemi tanpa mengabaikan protokol kesehatan,” kata Wenseslaus Manggut Ketua Umum AMSI melalui keterangan tertulis.

Gojek dan AMSI mengundang jurnalis cetak dan online di nasional dan daerah untuk berpartisipasi mengirimkan karya terbaiknya. Tema utama KPAB 2021 adalah: “Layanan platform digital, andalan bangkit bersama hadapi pandemi”.

#BangkitBersama adalah gerakan yang diinisiasikan ekosistem GoTo, yang terdiri dari Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial, untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia bersama-sama bangkit dari pandemi Covid-19.

Adapun teknologi dan layanan di GoTo mampu memberikan kontribusi sosial, di samping berbagai solusi bagi pelanggan, para UMKM dan juga pekerja sektor informal sehingga dapat mendukung masyarakat luas untuk #BangkitBersama menghadapi pandemi ini.

Peserta adalah jurnalis yang bekerja di media di cakupan wilayah sebagai berikut:
a) Nasional & Jabodetabek
b) Sumatra: Medan, Palembang, Batam
c) Indonesia Timur: Makassar, Manado, Balikpapan Banjarmasin
d) Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta: Bandung, Semarang, Jogja raya, Solo
e) Jawa Timur, Bali: Surabaya, Malang, Bali

Pemenang akan dipilih dari masing-masing wilayah tersebut.

Karya tulis yang dapat diikutsertakan dalam lomba adalah feature dengan batas karakter 2.000 – 5.000, yang dimuat di media cetak dan online mulai 1 September-30 Oktober 2021.

Para pemenang untuk masing-masing kategori wilayah akan mendapatkan hadiah berupa:

Kategori Nasional & Jabodetabek
Panitia akan memilih 18 peraih penghargaan dengan rincian hadiah sebagai berikut:
*Juara 1 : Piagam penghargaan dan uang tunai Rp13 juta serta akses gratis GoPlay selama satu tahun
* Juara 2 : Piagam penghargaan dan uang tunai Rp10 juta serta akses gratis GoPlay selama enam bulan
* Juara 3 : Piagam penghargaan dan uang tunai Rp8 juta serta akses gratis GoPlay selama tiga bulan
15 Cerita Pilihan masing-masing mendapatkan saldo GoPay senilai Rp 1 juta

Kategori Regional
Panitia akan memilih 72 pemenang di masing-masing wilayah regional Sumatra, Indonesia Timur, Jabar Jateng DIY, Jatim Bali:
* Juara 1 : Piagam penghargaan dan uang tunai Rp13 juta serta akses gratis GoPlay selama satu tahun
* Juara 2 : Piagam penghargaan dan uang tunai Rp10 juta serta akses gratis GoPlay selama enam bulan
* Juara 3 : Piagam penghargaan dan uang tunai Rp8 juta serta akses gratis GoPlay selama tiga bulan
15 Cerita Pilihan masing-masing mendapatkan saldo GoPay senilai Rp 1 juta

KRITERIA PENILAIAN
* Juri akan menilai karya jurnalistik berdasarkan kriteria penilaian seperti: kesesuaian dengan tema, orisinalitas ide, kualitas dan kedalaman penulisan, dan penyajian karya jurnalistik.
* Dewan juri untuk penghargaan ini berasal dari AMSI dan perwakilan dari Gojek.
* Terdapat voucher gratis berlangganan GoPlay selama 30 hari bagi 50 pendaftar pertama.

PENDAFTARAN
Informasi lebih lanjut mengenai KPAB 2021 dapat diakses di https://bit.ly/KPAB2021 . Pendaftaran dapat diakses dilakukan melalui G-Form https://bit.ly/KPAB_GojekAMSI atau email [email protected].(iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 19 Maret 2024
35o
Kurs