Jumat, 21 Januari 2022

HJKS KE-728 Wali Kota Ingatkan Segenap Elemen Bergandeng Tangan Perangi Covid-19

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya memimpin upacara Hari Jadi Kota Surabaya Ke-728 di Balai Kota Surabaya, Senin (31/5/2021) Foto : Manda suarasurabaya. net

Pemkot Surabaya melaksanakan upacara menyambut Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) Ke-728, Senin (31/5/2021), di Balai Kota Surabaya.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya memimpin upacara. Armuji Wakil Wali Kota Surabaya, Forkopimda, juga Kepala OPD Pemerintah Kota Surabaya hadir.

Seluruh peserta upacara memakai busana khas Suroboyoan. Peserta laki-laki pakai busana Cak Suroboyo, sedangkan wanita mengenakan kebaya dan kerudung khas Ning Suroboyo.

Dalam pidatonya, Eri memberikan semangat kepada warga Surabaya untuk bangkit dari pandemi virus Corona.

Kata Eri, Covid-19 telah membawa dampak yang sangat luar biasa pada berbagai sektor kehidupan masyarakat mulai dari bidang kesehatan, pendidikan, sosial budaya sampai dengan ekonomi.

Pandemi juga membuat proses belajar mengajar selama lebih dari setahun berlangsung daring, dan sejumlah aktivitas dibatasi, sertakan harus melakukannya dari rumah.

Berdasarkan data, di Surabaya, Covid- 19 telah menginfeksi 23.962 jiwa dan 1.371 di antaranya meninggal dunia.

“Perekonomian kita mengalami perlambatan pertumbuhan, pada 2020 lalu pertumbuhan ekonomi Surabaya terkontraksi minus 4, 85 persen, tingkat pengangguran terbuka menjadi 9,9 persen, yang salah satu sebabnya dikarenakan adanya PHK sebagai akibat pandemi,” jelasnya.

Ia menegaskan, kenyataan ini menjadi cambuk agar segera keluar dari pandemi covid 19. Eri mengajak masyarakat tidak lengah melaksanakan protokol kesehatan dan bersama-sama melawan Covid-19.

Saat ini sekitar 1,1 juta jiwa di Surabaya sudah divaksinasi.

“Saya benar-benar bersyukur soliditas semangat warga kota, dengan segenap pemangku kepentingan Surabaya selama ini bersungguh-sungguh, dalam menghadapi rintangan ataupun hambatan. Bahkan cobaan yang ada bisa dihadapi, dengan kesatuan dan persatuan warga kota. Kita bisa membuktikan kemajuan dan keberhasilan Surabaya yang signifikan. Masyarakat dalam mendukung upaya pemerintah kota sangat luar biasa,” katanya bangga.

Dalam pidatonya, Eri Cahyadi juga mengucapkan terima kasih kepada semua elemen yang gotong royong, yang sama-sama berjuang, antara lain kepada tenaga medis yang tak kenal lelah untuk menolong penderita dan pasien Covid-19.(man/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Jumat, 21 Januari 2022
29o
Kurs