Minggu, 5 Mei 2024

Indonesia Menerima Bantuan Alat Kesehatan dari Pemerintah Kota New York

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Penyerahan secara simbolis 13 kontainer yang memuat sekitar 1 (satu) juta dosis Vaksin AstraZeneca bantuan dari Pemerintah Jepang untuk Indonesia di Bandara Narita, Jepang. Foto: KBRI Tokyo

Pemerintah Indonesia, siang hari ini, Selasa (17/8/2021), menerima bantuan alat kesehatan untuk penanganan pandemi Covid-19, dari Pemerintah Kota New York City, Amerika Serikat.

Bantuan dari Pemkot New York berupa 150 unit ventilator merek Vyarie Bellavista, dan 1.760 set aksesoris seperti circuit vent, exhalation valve, dan flow censor.

Sekitar pukul 13.30 WIB, Pesawat Citilink yang mengangkut ventilator dan perlengkapannya dari New York, tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Sung Yong Kim Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, menyerahkan secara simbolis bantuan itu kepada Erick Thohir Menteri BUMN.

Turut hadir dalam acara seremonial itu antara lain Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan, Pahala Nugraha Mansury Wakil Menteri BUMN, dan Cecep Herawan Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri RI.

Dalam keterangannya, Menteri BUMN mewakili Pemerintah Indonesia mengucapkan terima kasih kepada Warga dan Pemerintah Kota New York atas kiriman alat kesehatan.

Erick Thohir mengatakan, pihaknya membentuk Yayasan BUMN yang independen, dan mendapatkan bantuan dari berbagai perusahaan swasta terkait penanganan pandemi.

“Kami sebagai Yayasan BUMN juga dipercaya oleh Masyarakat dan Pemerintah New York untuk mendapatkan ventilator yang dibutuhkan masyarakat Indonesia. Saya juga berterima kasih kepada Citilink bisa membawa langsung bantuan dari New York. Ini membuktikan dengan bergotong royong kita bisa menangani pandemi,” ucapnya.

Erick pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Amerika Serikat atas bantuan dan perhatiannya kepada Indonesia. Menurut dia, persahabatan kedua negara yang tulus dapat membantu dalam pembangunan di masing-masing negara.

Kerja sama antarnegara, lanjut Erick, sangat diperlukan untuk mengatasi berbagai permasalahan seperti kesehatan dan ekonomi akibat pandemi.

Sekadar informasi, bantuan alat kesehatan itu merupakan kerja sama government to government, yang diinisiasi Kementerian Luar Negeri RI dengan City of New York, United States of America.

Sebelumnya, Pemerintah AS sudah menyumbang seribu unit ventilator yang sekarang dipakai di sekitar 600 rumah sakit di Indonesia.

Amerika Serikat juga menghibahkan delapan juta dosis Vaksin Covid-19 Moderna, untuk masyarakat Indonesia.

Selain itu, Amerika Serikat memberikan bantuan dana untuk penanganan Covid-19 sekitar 77 juta Dollar AS.

Dalam 20 tahun terakhir, Amerika Serikat melalui USAID tercatat menginvestasikan dana lebih dari satu miliar Dollar AS di sektor kesehatan Indonesia.(rid/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
28o
Kurs