Senin, 29 November 2021

Jokowi Pantau Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua untuk Petugas Layanan Publik dan Lansia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden meninjau vaksinasi Covid-19 tahap kedua untuk petugas layanan publik dan lansia yang dimulai Rabu (17/2/2021), di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden pada Rabu (17/2/2021) pagi, memantau langsung pelaksanaan awal Vaksinasi Covid-19 tahap kedua, di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Vaksinasi tahap kedua diberikan kepada para pedagang dan pegawai PD Pasar Jaya yang masuk kelompok petugas pelayanan publik, serta masyarakat kelompok lanjut usia (lansia).

Pemerintah menargetkan 1.500 peserta pada proses vaksinasi hari pertama di Pasar Tanah Abang.

Secara keseluruhan, target vaksinasi untuk petugas pelayanan publik di Tanah Air sebanyak 16,9 juta orang, dan 21,5 juta orang lanjut usia.

Sesudah meninjau dua titik lokasi, Presiden menilai manajemen lapangan pelaksanaan program vaksinasi nasional sudah cukup baik.

“Tahapan kedua yang dimulai hari ini di Pasar Tanah Abang, DKI Jakarta, atas kerja sama antara Kementerian Kesehatan dan Provinsi DKI Jakarta. Vaksinasi untuk pelayan publik dan pekerja publik yang di dalam kalkulasi kami ada 16,9 juta yang nanti akan divaksin di seluruh Indonesia, plus 21,5 juta untuk yang lanjut usia,” ujar Presiden.

Jokowi berharap, masyarakat kelompok lansia, pekerja pelayanan publik seperti aparat keamanan, pedagang pasar, wartawan, juga pekerja di toko dan mal semuanya mendapatkan suntikan vaksin.

Nantinya, sesudah selesai di wilayah Jakarta, Presiden menegaskan vaksinasi untuk petugas pelayanan publik dan lansia akan dilaksanakan di berbagai provinsi.

“Vaksinasi massal bagi pelayan dan pekerja publik juga akan dilakukan di provinsi-provinsi lain sehingga tiap hari jumlah orang yang divaksin akan terus bertambah,” kata Jokowi.

Sekadar informasi, Kementerian Kesehatan sudah merencanakan empat tahap pelaksanaan program vaksinasi Covid-19, dengan target 181 juta orang di seluruh Indonesia.

Hal itu diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor HK.02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

Tahap pertama dan tahap kedua dijadwalkan mulai Januari sampai April 2021. Sedangkan tahap ketiga dan tahap keempat akan dilaksanakan mulai April 2021 sampai Maret 2022.

Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap pertama adalah tenaga kesehatan, tenaga medis, tenaga penunjang serta mahasiswa kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan.

Kemudian, sasaran tahap kedua adalah petugas pelayanan publik TNI-Polri, aparat penegak hukum, dan petugas pelayanan publik di bandara, pelabuhan, stasiun atau terminal.

Lalu, para pekerja bidang perbankan, PLN, PDAM, wartawan dan petugas lain yang melayani masyarakat, serta masyarakat kelompok lansia 60 tahun ke atas.

Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap ketiga, masyarakat kelompok rentan tertular dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.

Vaksinasi tahap keempat, targetnya masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan klaster, sesuai ketersediaan vaksin.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Senin, 29 November 2021
26o
Kurs