Selasa, 30 November 2021

Kantong Masih Kosong, PMI Surabaya Belum Bisa Layani Donor Plasma Konvalesen

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kegiatan donor darah konvalesen di PMI Surabaya. Foto: Totok/dokumen suarasurabaya.net

Hingga Rabu (29/9/2021) Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya masih belum bisa memberikan layanan donor plasma konvalesen dari masyarakat. Hal ini terkait masih kosongnya kantong plasma konvalesen.

“Layanan donor plasma konvalesen belum bisa dilakukan di kantor Unit Donor Darah (UDD) PMI Surabaya. Hal ini terkait dengan masih belum adanya pasokan kantong plasma konvalesen dari pusat. Kantong plasma konvalesen masih kosong di PMI Surabaya, ” terang Triksi Hendria Humas PMI Surabaya, Rabu (29/9/2021).

Koordinasi dengan pusat, lanjut Triksi sudah dilakukan setelah jumlah kantong plasma konvalesen terus menipis di PMI Surabaya. Tetapi sampai hari ini memang masih belum ada pasokan kantong plasma konvalesen dari pusat.

“Setelah jumlah stok persediaan kantong plasma konvalesen menipis, kami langsung informasikan pada pusat. Agar sesegera mungkin mendapatkan respon dan kantong bisa segera ditambahkan. Ini demi menjaga ketersediaan stok plasma konvalesen juga,” tambah Triksi.

Dengan kosongnya kantong plasma konvalesen tersebut, kata Triksi tidak hanya berdampak pada layanan donor plasma konvalesen. “Sekaligus untuk layanan screnning bagi para penyintas Covid-19 juga belum bisa kami layani. Padahal ini juga penting, ” kata Triksi.

Sementara itu, untuk ketersediaan plasma konvalesen, ditegaskan Triksi bahwa jumlahnya cukup banyak di PMI Surabaya. “Stok persediaan plasma konvalesen memang cukup banyak. Hanya saja kantong plasma yang masih kosong,” ujar Triksi.

Demikian juga dengan stok persediaan darah hingga saat ini, untuk semua jenis dan golongan darah tersedia. “Alhamdulillah untuk stok darah dari berbagai jenis dan golongan sampai Rabu (29/9/2021) di PMI Surabaya masih aman,” pungkas Triksi.(tok/wld/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Selasa, 30 November 2021
28o
Kurs