Jumat, 10 Mei 2024

Kata Netter Tentang Patung Gombloh yang Terdampar di Tugu Pahlawan

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Petugas membersihkan patung Gombloh yang tersimpan di Tugu Pahlawan. Foto: Anton suarasurabaya.net

Rencana revitalisasi taman hiburan rakyat (THR) membuat patung Soedjarwoto alias Gombloh terdampar di area Tugu Pahlawan. Patung yang terbuat dari perunggu itu tadinya ada di THR untuk menghidupkan kesenian di sana.

Namun, dengan terdamparnya patung seberat 2 kuintal di area Tugu Pahlawan itu, mengingatkan kita agar Gombloh tak hanya dikenang sebagai tonggak sejarah musik di Surabaya. Mungkin juga, sudah waktunya Gombloh dikenang sebagai pahlawan.

Sejumlah Netter e100 berharap agar diletakkan di Balai Pemuda, berkaitan dengan akan dibukanya Alun-alun Surabaya, sekaligus mengenang sejumlah musisi Surabaya yang lahir dari markas Bengkel Muda Surabaya di Balai Pemuda.

Alki Kiraamim, menuliskan “Menurut saya sebagai warga surabaya, selayaknya patung Gombloh diletakkan di Balai Pemuda sehubungan dengan akan dibukanya alun-alun Surabaya disana dan mengingat di Balai Pemuda tempat Bermarkasnya BMS (Bengkel Muda Surabaya) yang banyak menelurkan musisi” dari Surabaya di kancah Nasional dan Internasional seperti Alm. Gombloh sendiri, Alm. Leo Kristy, Alm. Franky Sahilatua, Alm. Bobby Chen dan masih banyak lagi.”

Affandy Willy Yusuf juga menyampaikan hal senada, “Alun Alun Surabaya adalah tempat yang layak. Gombloh adalah sosok patriot lewat karya musik.”

Melalui Twitter @e100ss, Humam mencuit “Kalau saya boleh usul ditaruh di balai pemuda.”

Dalam Instagram @suarasurabayamedia followers juga bersahutan berkomentar agar Patung Gombloh diletakkan di Balai Pemuda.

@ajisand misalnya, ia menuliskan “Rasanya cocok diletakkan di depan Balai Pemuda (Alun2 sekarang).”

“Iya setuju kalo di tempatkan di Alun Alun Surabaya (Balai Pemuda),” tulis @aryrisdijawan dalam kolom komentar. (dfn/ipg) 

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
29o
Kurs