Rabu, 21 April 2021

Kesaksian RT dalam Penangkapan Terduga Teroris di Medokan Sawah Surabaya

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Lokasi penangkapan terduga teroris oleh Densus 88 di Jl Medokan Sawah, Kelurahan Medokan Ayu Surabaya. Foto: Istimewa

Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menangkap seorang terduga teroris di kawasan Kelurahan Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya, Jumat (26/2/2021) siang.

Supangin Ketua RT 01 RW 01 Medokan Ayu, Rungkut, Surabaya membenarkan adanya penangkapan itu. Dia bahkan juga dilibatkan menjadi saksi dalam penggeledahan rumah di Jalan Medokan Sawah 12, Kelurahan Medokan Ayu, Rungkut, Surabaya itu.

“Setengah 12 saya dihubungi Densus. Saya keluar sudah ada banyak polisi,” ujar Supangin.

Menurut pengamatan Supangin, ada sekitar 10 personel Densus 88 yang menggunakan 5 mobil tipe minibus. Seorang pria berinisial AIH (40) ditangkap sesaat sebelum sholat Jumat. Dalam penggeledahan di rumah AIH ditemukan sejumlah senjata tajam seperti samurai dan panah.

“Kita sebagai saksi penggeledahan saja. Tadi ditemukan panah, samurai,” katanya.

Supangin tidak mengetahui persis penangkapan ini terkait kasus apa. Dia mendapat informasi dari istri AIH kalau nanti tidak terbukti bersalah, AIH akan dikembalikan.

“Terduga kalau tidak terbukti bersalah akan dikembalikan sementara dibawa ke Jakarta,” katanya.

Dari keterangan Supangin, AIH tinggal di rumah nomor 121 bersama istri dan 6 orang anak sudah 10 tahun terakhir. Hanya saja anak sulungnya sekarang belajar di pesantren. Dalam pergaulan dengan warga, AIH juga baik.

“Kira-kira 10 tahun. Baik sama orang kalau ada orang meninggal juga ikut melayat. Selama ini baik. Tidak aneh-aneh,” katanya.

Di rumah itu kata Supangin, AIH memiliki usaha Counter Handphone dan memiliki empat karyawan.

“Usahanya jualan pulsa dan service HP, ada karyawannya 4 orang. Tapi yang dibawa Densus cuma Pak AIH,” katanya. (bid/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Asap Kebakaran Semolowaru

Kecelakaan di Lawang

Truk Bermasalah di Trosobo

Eh Eh, Capek. Istirahat Dulu

Surabaya
Rabu, 21 April 2021
25o
Kurs