Senin, 27 September 2021

May Day Sidoarjo Tanpa Unjuk Rasa, Ratusan Buruh Jalani Vaksinasi

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Salah satu dari 500-an buruh di Sidoarjo mengikuti vaksinasi di Pendapa Delta Wibawa dalam peringatan May Day 2021, Sabtu (1/5/2021). Foto: Humas Pemkab Sidoarjo

Pemkab Sidoarjo memastikan, Hari buruh internasional atau May Day di kabupaten Sidoarjo, Sabtu (1/5/2021), tanpa aksi unjuk rasa. Pemkab memfasilitasi vaksinasi di Pendapa Delta Wibawa.

Ratusan buruh Sidoarjo yang tergabung dalam SPSI, SPN, SBSI, FSPMI dan perwakilan buruh lainnya menjalani vaksinasi bersama di pendopo Delta Wibawa. Sabtu, (1/5/2021).

Kegiatan ini adalah hasil kesepakatan perwakilan serikat pekerja dan serikat buruh dalam pertemuan bersama Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo, Kapolresta Sidoarjo dan Ketua SPSI Jatim.

“Kalau tahun lalu aksi turun ke jalan, tahun ini diperingati dengan vaksinasi. Jadi tidak ada yang turun ke jalan karena memang pandemi Covid-19 belum berakhir. Jangan ada kerumunan,” kata Gus Muhdlor.

Selain itu, vaksinasi 500-an pekerja itu adalah wadah komunikasi pemerintah dan para buruh. Menurut Gus Muhdlor, itu menunjukkan bahwa buruh di Sidoarjo juga peduli melawan Covid-19.

“Kegiatan ini wadah silaturahmi dan komunikasi dengan buruh di Sidoarjo. Tidak harus resmi di kantor, akan ada lebih banyak komunikasi non formal seperti kemarin, buka bersama di warung,” ujarnya di depan buruh.

Muhdlor minta vaksinasi pekerja ini mendahulukan mereka yang sudah berusia lanjut (lansia) dan yang sering melakukan interaksi. Vaksinasi ini kata dia, akan dilaksanakan serentak.

Vaksinasi terhadap kurang lebih 500 pekerja dan buruh itu dibagi tiga gelombang. Gelombang pertama pukul 09.00 WIB, kemudian gelombang dua pukul 11.00 WIB, dan gelombang ketiga pukul 15.00 WIB.

“Untuk pekerja lain kami masih menunggu. Khusus untuk vaksinasi para lansia kami kejar sampai tuntas. Targetnya, vaksinasi di Sidoarjo jadi yang nomor satu di Jatim,” kata Gus Muhdlor.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Mobil Terperosok di depan RSAL dr Ramelan A.Yani

Antre Vaksin di T2 Juanda

Kebakaran Lahan Kosong Darmo Permai

Surabaya
Senin, 27 September 2021
33o
Kurs