Kamis, 25 April 2024

Menhan Luncurkan Kapal Cepat Rudal di Surabaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Prabowo Subianto Menteri Pertahanan (Menhan) RI (berkopiah) saat peluncuran Kapal Rudal Cepat di dermaga PT PAL Surabaya. Foto: Dispen Koarmada II

Prabowo Subianto Menteri Pertahanan RI didampingi Jenderal TNI Andika Perkasa Panglima TNI, Kasal, dan Pangkoarmada II, Minggu (5/12/2021) meluncurkan Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 meter tahap ke lima di dermaga kapal perang PT. PAL Indonesia (Persero) Surabaya.

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, bersama Direktur Utama (Dirut) P.T. PAL turut hadir dalam acara peluncuran tersebut, dengan para Asisten Panglima TNI, Asisten Kasal, Danpuspenerbal dan Komandan Lantamal V juga ikut hadir.

Menurut Dirut PT. PAL, untuk pertama kalinya pengadaan 2 unit kapal cepat rudal yang dikerjakan oleh anak-anak bangsa secara bersamaan. Platform dan sistem sensor senjata cutting dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2019 dan 20 Desember 2019.

Kapal Cepat Rudal ini memiliki spesifikasi panjang keseluruhan 60 meter dengan lebar 8 meter, dan tinggi 4,805 meter.

Kemudian displacement sampai dengan 500 ton dengan kecepatan maksimum 28 knot, kecepatan jelajah 20 knot dengan kecepatan ekonomis 15 knot dan mampu bertahan di laut selama 5 hari dengan jarak jelajah hingga 2400 nautical mile.

Panjang garis air 5,25 meter akomodasi untuk 55 orang serta telah dilengkapi dengan sistem sensor dan senjata sehingga mampu melaksanakan anti Surface water dan memiliki fungsi tambahan sebagai shadowing amfibi infiltrasi dan exporting.

Kapal KCR 5 ini merupakan desain yang dikembangkan oleh PT PAL, dan sudah teruji sesuai dengan kebutuhan TNI Angkatan Laut. Serta telah mengalami penyempurnaan dari sebelumnya.

KCR 5 juga telah dilengkapi Sensor Udara, permukaan maupun bawah laut dan bertepatan dengan peringatan Hari Armada pada hari ini diharapkan nantinya KCR 5 menjadi Armada yang tangguh bagi TNI Angkatan Laut dalam menjaga pertahanan dan kedaulatan Republik Indonesia.(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs