Kamis, 25 April 2024

Mensos Minta Pemda Aktif Verval Data Penerima Bansos

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Satu di antara warga penerima bantuan sosial tunai (BST) usai mendapatkan layanan BST di lapangan Pacar Keling, Tambaksari, Surabaya, Selasa (27/7/2021). Foto: Totok suarasurabaya.net

Tri Rismaharini Menteri Sosial (Mensos) pada Selasa (3/8/2021) meminta pemerintah daerah aktif melakukan verifikasi dan validasi (verval) data penerima bantuan sosial (bansos).

Sesuai Undang-Undang 13/2011 tentang penanganan fakir miskin, Mensos bilang, data fakir miskin berasal dari pemerintah daerah dan pemerintah daerah berwenang memverifikasi dan memvalidasi data itu.

“Kami meminta daerah untuk, kalau memang kurang ya diusulkan saja. Jangan dikira Papua yang jauh di sana tidak memperbaiki data, karena ada satu kabupaten yang sudah memperbaiki data itu 100 persen,” katanya dalam keterangan pers di Jakarta, dikutip Antara, Selasa (3/8/2021).

Menurut dia, pada 2020 lalu ada sekitar 15.000 calon penerima bantuan sosial yang diusulkan dari Provinsi Papua dan pada 2021 jumlahnya bertambah menjadi 28.000.

“Kenapa bisa naik? Karena kami telah membetulkan,” katanya seperti dilansir Antara.

Risma mengemukakan bahwa selama dia menjabat sebagai Menteri Sosial ada kurang lebih 14 juta data yang telah dibetulkan oleh pemerintah daerah.

Dia juga menegaskan, pemerintah daerah bisa mengusulkan penambahan jumlah penerima bantuan sosial jika masih ada warga di wilayahnya yang butuh bantuan.

“Silakan kalau mau diusulkan tambahan, dan daerah itu banyak sekali yang mengusulkan tambahannya,” katanya.(ant/iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs