Selasa, 7 Desember 2021

Mulai 1 April 2021, GeNose C-19 Siap Digunakan di Bandara Juanda

Laporan oleh Anton Kusnanto
Bagikan
Karyawan Angkasa Pura I mengikuti simulasi penggunaan Genose C-19 di Bandara Juanda, pada Kamis (25/3/2021). Alat deteksi Covid-19 ini bisa mulai diberlakukan pada 1 April mendatang. Foto: Anton suarasurabaya.net

Bandara Internasional Juanda melaksanakan uji penggunaan GeNose C-19 pada Kamis (25/3/2021) hari ini. Simulasi alat deteksi Covid-19 ini merupakan tahap persiapan yang harus dilakukan operator bandara sebelum GeNose C-19 mulai diterapkan 1 April 2021 mendatang. Nantinya, sebanyak 11 mesin GeNose sudah siap digunakan bagi para penumpang sebelum melakukan perjalanan melalui Bandara Juanda.

“Penggunaan GeNose C-19 nanti bisa memberikan alternatif pilihan alat deteksi Covid-19 di bandara, sebagai syarat perjalanan udara,” ujar Faik Fahmi Direktur Utama PT Angkasa Pura I.

Bertempat di lobby Gedung Terminal Baru di Terminal 1 Juanda, simulasi dilakukan kepada total 150 orang karyawan Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Juanda dan komunitas bandara. Adapun sampel napas yang diambil adalah pembuangan napas pada hembusan ketiga.

Langkahnya yaitu penumpang menghirup napas melalui hidung dan membuangnya melalui mulut. Setelah dua kali menghirup napas dari hidung dan membuangnya melalui mulut, maka pada pengambilan napas ketiga, langsung dihembuskan ke dalam kantong hingga terisi penuh.

Untuk melakukan pemeriksaan GeNose C-19 di bandara Juanda, terdapat beberapa syarat dan prosedur bagi calon penumpang sebelum melakukan pemeriksaan. Pertama, calon penumpang telah memiliki tiket penerbangan dan harus dalam kondisi sehat. Kedua, calon penumpang dilarang merokok, makan, serta minum selama 30 menit sebelum pemeriksaan.

Ketiga, calon penumpang juga disarankan untuk melakukan pemeriksaan GeNose C-19 sehari sebelum keberangkatan, untuk mengantisipasi terjadinya penumpukkan antrean, dengan pemeriksaan selambat-lambatnya 3 jam sebelum keberangkatan.

Dari simulasi, dapat diperkirakan bahwa waktu yang dibutuhkan calon penumpang sejak pendaftaran hingga menerima hasil adalah sekitar 30 menit.

Sayangnya Faik Fahmi belum bisa merinci biaya tes genose di Bandara Juanda ini. Beliau hanya memastikan, harganya akan sangat terjangkau dan bisa mengurangi beban masyarakat yang akan melakukan perjalanan udara. Dengan begitu, diharapkan traffic penumpang pesawat bisa kembali meningkat.(ton/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Selasa, 7 Desember 2021
25o
Kurs