Sabtu, 27 April 2024

Patuh PPKM, Kebun Binatang Surabaya Berencana Tetap Buka

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Penerapan protokol kesehatan tetap dilakukan KBS di saat pelaksanaan PPKM. Foto: Totok/dok. suarasurabaya.net

Sesuai rencana pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Surabaya Raya mulai Senin (11/1/2021) hingga Senin (25/1/2021), Kebun Binatang Surabaya (KBS) berencana tetap buka.

“Tentunya kami tetap mematuhi ketentuan yang diberlakukan dalam pelaksanaan PPKM tersebut. Kami tetap mematuhi arahan yang ditetapkan. KBS sendiri sudha menjalankan protokol kesehatan dengan ketat selama ini. Dan seiring dengan rencana PPKM, kami akan tetap patuh aturan,” terang Agus Supangkat Humas Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS, Sabtu (9/1/2021).

Selama ini, tambah Agus pelaksanaan protokol kesehatan bagi warga masyarakat yang akan melakukan kunjungan ke KBS dimulai dengan pemesanan tiket. “Karena saat ini loket pembelian tiket tidak dibuka. Pemesanan bisa dilakukan melalui pemesanan secara online,” kata Agus.

Selain bagian dari mengurangi kontak antara petugas dengan calon pengunjung, pembelian tiket secara online juga menjadi satu diantara bagian penerapan protokol kesehatan (prokes) dalam rangka memutus penularan dan penyebaran Covid-19.

Penggunaan masker bagi pengunjung maupun petugas juga bagian yang tidak bisa ditawar. “Petugas kami juga tetap akan memakai masker. Dan pengunjung juga kami wajibkan untuk menggunakan masker. Termasuk mencuci tangan, sebelum masuk lokasi,” tambah Agus.

Pelaksanaan PPKM yang dijadwalkan bakal berlangsung selama dua pekan tersebut dipastikan juga akan membatasi waktu aktivitas masyarakat. Kunjungan ke KBS yang dibagi dalam dua shift, dijadwalkan tetap akan dilaksanakan. Tetapi dengan menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

Sementara itu, terkait dengan keberadaan satwa di dalam KBS, Agus menyampaikan bahwa sampai saat ini, kondisi satwa tetap dalam keadaan sehat dan dalam pengawasan ketat para keeper maupun tim kesehatan satwa.

“Perawatan dan pemeriksaan kesehatan tetap jadi prioritas kami. Kesehatan satwa dibawah pantauan langsung tim dokter KBS. Pantauan termasuk untuk asupan makanan dan lingkungan habitat satwa masing-masing. Sampai saat ini kondisi satwa memang cukup bagus, sehat dan terus dipantau,” tegas Agus.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi dan pemerintah kota kembali melaksanakan PPKM selama dua minggu kedepan dimulai pada Senin (11/1/2021) dengan berbagai bentuk pembatasan terhadap aktivitas masyarakat. Masyarakat diharapkan ikut berpartisipasi dan saling menjaga sebagai satu diantara upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs