Jumat, 19 April 2024

Pandemi Belum Usai, KBS Siapkan Rekreasi Edukatif Virtual

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Tata cara mendaftar edukasi virtual KBS. Foto: Istimewa

Kebun Binatang Surabaya (KBS) mengajak masyarakat berwisata edukasi lewat kunjungan virtual. Ini mengingat pandemi Covid-19 yang masih belum usai.

Agus Supangkat humas Perusahaan Daerah Taman Satwa (PTS) KBS membenarkan, layanan kunjungan virtual tersebut, yang bisa dinikmati bersama keluarga di rumah.

“Bagi warga masyarakat yang masih disibukkan pekerjaan, layanan kunjungan ke KBS secara virtual ini bisa jadi pilihan. Kunjungan virtual melalui Zoom tersebut memberikan pilihan pengunjung tetap di rumah saja, ” terang Agus Supangkat.

Dengan aneka pilihan zona satwa, masyarakat atau pengunjung dapat menentukan sendiri jenis satwa yang ingin disaksikan lewat layar virtual tersebut.

Dengan durasi waktu sekitar 90 menit, pengunjung dapat menyaksikan satwa sesuai pilihan dengan berbagai aktivitasnya yang ada di masing-masing sangkar peraga.

“Misalnya pengunjung memilih zona satwa jenis mamalia, maka beberapa jenis mamalia koleksi satwa KBS akan ditampilkan. Keeper atau petugas akan memberikan penjelasan mulai dari asal usul satwa, jenis makananya, hingga soal bagaimana habitat ke seharian satwa itu. Petugas akan memberikan pemahaman terkait satwa yang dipilih pengunjung, ” kata Agus.

Untuk bisa ikut menyaksikan kunjungan virtual ini, Agus mengisyaratkan sebaiknya masyarakat membuat kelompok, minimal 30 orang agar memudahkan layanan.

Layanan modern berbasis Zoom ini khususnya ditujukan bagi pelajar dalam rangka melengkapi pembelajaran tentang satwa di masa pandemi ini.

“Sekarang ini pembelajaran menggunakan daring, jarak jauh dan layanan kunjungan ke KBS secara virtual ini diharapkan bisa melengkapi proses pembelajaran terkait pengetahuan tentang satwa, ” tegas Agus.

Layanan kunjungan ke KBS secara virtual ini juga merupakan kelengkapan layanan operasionalisasi KBS di masa pandemi ini. Sederet aturan baru diterapkan untuk pengunjung KBS, dan layanan virtual ini bisa jadi alternatif pilihan kunjungan ke KBS. (tok/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
28o
Kurs