Selasa, 28 September 2021

Pemprov Percepat Bansos bagi Masyarakat Terdampak PPKM Darurat

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
emil-dardak-wagub-jatim Emil Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur Foto: Suara Surabaya Media

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim akan mempercepat beberapa program bantuan khusus penanganan Covid-19. Hal ini disampaikan Emil Elestianto Dardak Wakil Gubenur Jawa Timur saat dihubungi Radio Suara Surabaya, Rabu (21/7/2021).

“Ini masalah timing-nya saja. Artinya nanti ada yang dirapel, ya. Karena dari awal memang program bantuan sosial  kita menyasar mereka yang ekonominya rentan,” kata Emil.

Ia menyampaikan,  ada sekitar 50 ribu lansia dan lima ribu kepala rumah tangga perempuan yang menjadi tumpuan keluarganya yang akan menerima dana bansos.

Kata Emil, mereka yang menerima rata-rata sektor yang sangat terdampak, bukan bekerja di sawah, tapi yang berjualan buka warung atau lapak kecil, kemudian keluarga yang ada lansia.

“Tentunya untuk diri sendiri susah, apalagi menopang lansia. Kemudian juga para imam masjid karena adanya pembatasan kegiatan, sekitar 5.005 masjid akan kami percepat,” urai Emil.

Selain itu, terkait santunan kematian yang sudah dihentikan oleh pusat, akan dilanjutan lagi oleh Pemprov Jatim.

“Kita tahu dari Kementerian Sosial, Bu Mensos bilang, sudah tidak ada duitnya lagi. Nah pemerintah provinsi nggak mentolo, akhirnya APBD provinsi kita gunakan, tapi dengan keterbatasan kapasitas kita. Jadi targetnya ada dua ribu, dan ke depannya kita siapkan dua ribu lagi santunan kematian untuk para warga yang kehilangan anggota keluarga karena Covid-19 ,” pungkas Emil. (man/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Mobil Terperosok di depan RSAL dr Ramelan A.Yani

Antre Vaksin di T2 Juanda

Kebakaran Lahan Kosong Darmo Permai

Surabaya
Selasa, 28 September 2021
32o
Kurs