Jumat, 19 April 2024

Polda Jatim Telusuri Poster Ajakan Berhenti Menyebar Berita Covid-19

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Kombes Pol Gatot Repli Handoko Kabid Humas Polda Jatim. Foto: Antara

Kepolisian Daerah Jawa Timur sedang menelusuri adanya poster di media sosial yang mengajak menghentikan penyebaran berita dan informasi terkait virus corona SARS CoV-2 atau Covid-19.

“Sedang didalami Satgas Gakkum Aman Nusa II Polda Jatim,” kata Kombes Pol Gatot Repli Handoko Kabid Humas Polda Jatim dikonfirmasi di Surabaya, Kamis (15/7/2021).

Sebelumnya, Alissa Wahid putri sulung Abdurrahman Wahid Presiden ke-4 Indonesia mengunggah gambar di Twitter pribadinya @AlissaWahid, Selasa (13/7/2021).

Gambar itu adalah poster yang beredar di media sosial yang mengajak warga di Gresik, Lamongan, Bojonegoro, dan Sumenep agar tidak menyebar dan mengunggah berita tentang Covid-19.

Adanya poster itu, Alissa lantas mencuitkan di Twitter, “Saat berkendara di jalan raya lalu ada kendaraan ugal2an bergerak dg kecepatan tinggi di belakang saya ke arah saya, apakah menutup mata saya akan membuat bahaya berkurang karena saya tidak melihatnya?”.

Kombes Gatot mengaku belum bisa menyimpulkan motif menyebarnya poster-poster tersebut. Yang jelas, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pemerintah setempat dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika Jatim.

“Saya masih nunggu konfirm dari Kominfo,” ucap Gatot seperti yang dilansir Antara.

Benny Sampirwanto Kepala Dinas Kominfo Jatim mengaku sudah berkoordinasi dengan Pemkab yang terdapat poster ajakan setop berita Covid-19 dan hasilnya, poster-poster itu bukan buatan pemkab.

“Mengonfirmasi langsung bahwa informasi tersebut tidak benar. Pemkab tidak pernah menyebarkan atau menginstruksikan informasi itu. Selama ini masyarakat antusias menunggu update informasi yang berkaitan dengan Covid-19,” katanya.(ant/tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs