Sabtu, 27 April 2024

Pramuka Harus Melek Teknologi dan Adaptif dengan Perkembangan Zaman

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden memimpin Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-60, secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (14/8/2021). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Sabtu (14/8/2021), memimpin Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-60, secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Melalui konferensi video, Presiden menyampaikan tiga pesan penting buat para Anggota Gerakan Pramuka di seluruh Indonesia.

“Pertama, seluruh Anggota Pramuka giat belajar, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, adaptif dengan kemajuan teknologi, cepat mengikuti perkembangan zaman, fleksibel, dan cerdik,” ujar Presiden.

Pesan kedua, Pramuka tidak boleh lupa dengan identitas bangsa, membangun karakter kebangsaan, mengamalkan nilai-nilai Pancasila, menjaga NKRI dan merawat kebhinekaan.

Yang ketiga, Pramuka Indonesia harus selalu optimistis menghadapi masa depan, dan terus berupaya membangun kejayaan Indonesia.

Pada kesempatan itu, Presiden menyampaikan terima kasih kepada Pramuka di seluruh Indonesia, atas perannya membantu penanganan pandemi Covid-19 di lingkungan masing-masing.

Kata Jokowi, rela berkorban membantu sesama tanpa melihat perbedaan suku, agama, dan golongan merupakan jiwa Pramuka sejati yang tertuang dalam Dwi Darma, Tri Satya, dan Dasa Darma Pramuka.

Sekadar informasi, tema Hari Pramuka tahun ini; Pramuka berbakti tanpa henti dalam memasuki adaptasi kebiasaan baru dengan kedisiplinan dan kepedulian nasional.

Selaku Kepala Negara dan Pramuka Utama, Jokowi meminta Anggota Pramuka jadi pelopor kedisiplinan, terutama dalam penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Virus Corona.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs