Sabtu, 20 April 2024

Presiden Apresiasi Peran Serta Pramuka dalam Penanganan Pandemi Covid-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden memimpin Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-60, secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (14/8/2021). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Sabtu (14/8/2021), memimpin Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-60, secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Tema Hari Pramuka tahun ini adalah; Pramuka berbakti tanpa henti dalam memasuki adaptasi kebiasaan baru dengan kedisiplinan dan kepedulian nasional.

Dalam amanatnya, Presiden mengatakan, tahun ini untuk kedua kalinya Hari Pramuka diperingati dengan keterbatasan karena pandemi Covid-19.

Kalau sebelum pandemi upacara peringatan Hari Pramuka selalu dilaksanakan di lapangan terbuka dengan peserta lengkap dari Satuan Karya (Saka) sampai anggota Pramuka, sekarang harus secara virtual dengan jumlah peserta terbatas.

Jokowi Presiden selaku Kepala Negara dan Pramuka Utama menyampaikan terima kasih atas peran Pramuka di seluruh Indonesia bahu-membahu dengan seluruh elemen bangsa membantu penanganan pandemi.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota Pramuka di seluruh Tanah Air, karena di masa pandemi ini Pramuka bahu-membahu bersama seluruh elemen bangsa membantu penanganan pandemi di lingkungannya masing-masing,” ucap Presiden.

Lebih lanjut, Presiden berharap Pramuka menjadi bisa jadi contoh teladan dengan ketangguhan menghadapi setiap tantangan, peduli terhadap sesama, siap berkorban, bersedia menolong, meringankan beban orang-orang sekitarnya.

Pramuka juga harus menjadi pelopor kedisiplinan terutama dalam menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Virus Corona.

Menurut Jokowi, kunci utama pengendalian pandemi Covid-19 adalah disiplin protokol kesehatan, dan percepatan vaksinasi untuk menciptakan kekebalan kelompok.

Pada kesempatan itu, Budi Waseso Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengikuti upacara dari Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur.

Sementara pengurus kwartir daerah, cabang, ranting, dan Gugusdepan ikut upacara bersama dari daerahnya masing-masing.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
30o
Kurs