Kamis, 25 April 2024

Presiden Mengajak Seluruh Elemen Bangsa Berusaha Lahir dan Batin Melawan Pandemi Covid-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden mengikuti acara Zikir dan Doa Kebangsaan 76 Tahun Indonesia Merdeka, secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (1/8/2021). Foto: Biro Pers Setpres

Indonesia dan negara-negara di berbagai belahan dunia masih berupaya mengatasi pandemi Covid-19 yang melanda sejak tahun lalu.

Di tengah ujian yang sangat berat ini, Joko Widodo Presiden mengajak seluruh elemen bangsa bersama-sama melakukan upaya/ikhtiar lahir batin.

Salah satu ikhtiar yang penting, menurut Presiden adalah berdoa, memohon kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa supaya badai Virus Corona segera berlalu.

Kemudian, Kepala Negara juga mengingatkan seluruh unsur masyarakat bersyukur atas nikmat dan anugerah kemerdekaan yang didapat Bangsa Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi Presiden, Minggu (1/8/2021) malam, dalam acara Zikir dan Doa Kebangsaan 76 Tahun Indonesia Merdeka, secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

“Saya percaya semangat kebersamaan dan gotong royong yang diwarisi oleh para pendiri bangsa akan selalu melekat dalam jiwa kita laksana api yang menyala-nyala terutama di saat bangsa dan negara kita menghadapi ujian dan tantangan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Presiden mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemuka agama yang mendukung penanganan pandemi Covid-19.

Bentuk dukungan itu antara lain mengajak umatnya mematuhi protokol kesehatan, dan membantu percepatan vaksinasi.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya atas berbagai upaya, bantuan, dan juga dukungan dari alim ulama, dari para pemuka agama, dan para mubalig yang selalu mengajak umat untuk mematuhi protokol kesehatan, membantu percepatan vaksinasi, serta membimbing dan mendampingi umat melalui situasi yang sulit ini,” katanya.

Sekadar informasi, tema zikir dan doa kebangsaan secara virtual tahun ini; Bersyukur atas Kemerdekaan, Berdoa dan Berikhtiar untuk Mewujudkan Indonesia Maju.

Acara zikir dipimpin Said Agil Husin Al Munawar Guru Besar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Sedangkan doa dipimpin Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya bersama lima tokoh lintas agama secara virtual.(rid/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs