Kamis, 18 April 2024

Presiden Targetkan Pembelajaran Tatap Muka Dimulai Juli 2021

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden, siang hari ini, Rabu (24/2/2021), memantau pelaksanaan perdana program vaksinasi Covid-19 untuk para guru dan tenaga pendidik, yang berlangsung di SMAN 70, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, siang hari ini, Rabu (24/2/2021), memantau pelaksanaan perdana program vaksinasi Covid-19 untuk para guru dan tenaga pendidik, yang berlangsung di SMAN 70 Jakarta.

Vaksinasi massal diikuti 650 orang guru dan tenaga kependidikan dari berbagai jenjang pendidikan mulai pendidikan anak usia dini (PAUD) sampai pendidikan tinggi, yang terbagi dalam tiga sesi.

Sesudah melihat proses vaksinasi, Presiden mengatakan, guru dan tenaga pendidik masuk prioritas penerima Vaksin Covid-19.

Jokowi menargetkan, sebanyak lima juta orang guru dan tenaga pendidik di seluruh Indonesia sudah tervaksinasi bulan Juni 2021.

Kalau sesuai target kekebalan kelompok tercapai dan pandemi Covid-19 terkendali, Presiden berharap, pembelajaran tatap muka bisa dimulai bulan Juli, bertepatan dengan tahun ajaran baru 2021-2022.

“Targetnya pada bulan Juni nanti lima juta guru, tenaga pendidik dan kependidikan Insya Allah sudah bisa kita selesaikan semuanya. Sehingga di bulan Juli saat mulai ajaran baru semuanya bisa berjalan normal kembali,” ucap Presiden.

Sekadar informasi, Kementerian Kesehatan sudah menyusun empat tahap pelaksanaan program vaksinasi Covid-19, dengan target 181 juta orang di seluruh Indonesia.

Hal itu diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor HK.02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

Tahap pertama dan tahap kedua dijadwalkan mulai Januari sampai April 2021. Sedangkan tahap ketiga dan tahap keempat akan dilaksanakan mulai April 2021 sampai Maret 2022.

Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap pertama adalah tenaga kesehatan, tenaga medis, tenaga penunjang serta mahasiswa kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan.

Kemudian, sasaran tahap kedua adalah petugas pelayanan publik TNI-Polri, aparat penegak hukum, dan petugas pelayanan publik di bandara, pelabuhan, stasiun atau terminal.

Lalu, para pekerja bidang perbankan, guru dan tenaga pendidik, wartawan, petugas layanan masyarakat lainnya, serta kelompok masyarakat berusia 60 tahun ke atas.

Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap ketiga, masyarakat kelompok rentan tertular dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.

Vaksinasi tahap keempat, targetnya masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan klaster, sesuai ketersediaan vaksin.(rid/tin/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
31o
Kurs