Jumat, 19 April 2024

RS Lapangan Indrapura Rawat Empat Pasien Covid-19 Varian Delta

Laporan oleh Anton Kusnanto
Bagikan
Dr Erwin Ashta Triyono, Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) RSLI memaparkan kondisi empat pasien covid-19 varian delta pada Sabtu (19/6/2021). Foto: Anton suarasurabaya.net

Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya kini merawat empat dari delapan pasien Covid-19 Varian Delta yang ditemukan di Jawa Timur. Keempatnya merupakan pasien positif Covid-19 hasil tes usap massal penyekatan Suramadu.

Dr Erwin Ashta Triyono, Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) RSLI memaparkan, pihaknya mendapat konfirmasi ada tambahan dua pasien varian Delta. Pasien tersebut dari Bangkalan dan Sampang.

Dalam keterangannya, Sabtu (19/6/2021), dr Erwin mengatakan pada tanggal 16 Juni 2021 RSLI kembali mendapatkan konfirmasi dari ITD Unair untuk sampel dari dua pasien yang terkonfirmasi varian Delta B.1617.2 atau varian dari India

Kata Erwin, mereka semua berasal dari Klaster Bangkalan, yang dikirimkan oleh Satgas Covid-19 Surabaya, hasil dari tracing penyekatan di Suramadu sisi Surabaya pada 6 Juni 2021.

Erwin juga memaparkan, kondisi dua pasien baru itu terpantau baik dan stabil, meskipun pasien juga bergejala. Mr M asal Bangkalan bergejala ringan atau meriang tanpa komorbid. Sedangkan Mr N asal Sampang dengan gejala ringan panas tanpa komorbid.

Sedangkan dua pasien yang sudah diketahui terkena varian India lebih dahulu, adalah Mr X, yang kondisinya bergejala ringan dengan batuk berdahak. Lalu, pasien Mr Y bergejala ringan dengan demam dan memiliki komorbid demam berdarah. Kondisi keduanya juga stabil.

Erwin menegaskan keempat pasien Varian Delta ini mendapat penanganan khusus. Mereka ditempatkan di ruangan tersendiri dengan monitoring dan observasi sesuai ketentuan dan tata laksana pelayanan pasien khusus secara ketat.

Dia bilang, pihak RSLI akan selalu mendampingi pasien-pasien itu. Ada pun kondisi klinis akan terus dimonitor secara ketat disertai penanganan serius oleh dokter dan tenaga kesehatan di RSLI. Selain itu, juga ada penanganan non medis didampingi relawan dari Program Pendampingan Keluarga Pasien Covid-19 RSLI. (ton/tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs