Kamis, 11 Agustus 2022

Tiba di Surabaya, 624 PMI dari Luar Negeri Jalani Karantina di Asrama Haji

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang akan menjalani karantina di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Foto: Kominfo Jatim

Sebanyak 624 pekerja migran Indonesia (PMI) dari luar negeri yang tiba di Surabaya hari ini, Rabu (8/9/2021) langsung menjalani karantina di Asrama Haji, Sukolilo, Surabaya.

PMI yang datang hari ini berasal dari empat kloter penerbangan internasional, rinciannya 103 orang dari Singapura yang tiba pukul 09.35 WIB, 180 orang dari Singapura tiba pukul 12.55 WIB, 160 orang dari Malaysia yang tiba pukul 13.10 WIB dan 181 orang dari Malaysia tiba pukul 14.35 WIB.

Sugianto Kepala Asrama Haji Surabaya mengatakan, PMI yang datang akan menjalani proses karantina selama delapan hari. PMI akan menghabiskan karantina selama lima hari di Asrama Haji, dan tiga hari sisanya di kabupaten kota asal.

“Semua PMI harus menjalani proses administrasi dengan petugas KKP di bandara. Setelah itu baru diantar ke Asrama Haji dengan bus. Ketika sampai PMI registrasi lalu di-swab sebelum masuk kamar,” kata Sugianto dihubungi Suara Surabaya, Rabu.

Pihaknya akan memaksimalkan semua kamar yang tersedia di Asrama Haji agar dapat menampung PMI.

“Kita maksimalkan semua kamar yang hari ini check out, didorong segera bersihkan kamar untuk mereka yang datang hari ini,” ungkapnya.

Bila hasil tes swab menunjukkan ada PMI yang positif Covid-19 akan dievakuasi untuk melakukan isolasi di RS Lapangan Indrapura.

Sementara Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim bilang, sesuai petunjuk BNPB, tidak ada PMI yang bisa keluar bandara tanpa melalui proses karantina.

Sementara, kedatangan PMI atau orang dari luar negeri melalui pelabuhan berada di wilayah KKP. “Ada tim yang koordinasi dengan KKP, semua PMI harus masuk tempat isolasi terpusat,” tutur Khofifah.(dfn/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Kecelakaan Truk Terguling di KM 750 Tol Waru

Surabaya
Kamis, 11 Agustus 2022
31o
Kurs