Senin, 20 September 2021

Vaksinasi Dosis Kedua untuk 2.432 Petugas Bandara Juanda

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Vaksinasi dosis kedua untuk petugas dan komunitas Bandara Internasional Juanda, Kamis (17/6/2021). Foto: Istimewa

Bandara Internasional Juanda menggelar vaksinasi dosis kedua kepada 2.432 petugas dan anggota komunitas bandara, Kamis (17/6/2021).

Sebelumnya petugas dan anggota komunitas ini telah menjalani vaksinansi dosis pertama pada Maret lalu didukung vaksin dan tenaga medis dari Pemkab Sidoarjo.

Kicky Salvachdie General Manager Bandara Internasional Juanda menjabarkan siapa saja yang mendapatkan vaksinasi untuk dosis kedua ini.

“Total sasaran penerima vaksinasi dosis kedua sebanyak 2.432 orang, di mana 1.312 untuk petugas Bandara Juanda (PT Angkasa Pura I), 731 untuk petugas maskapai dan ground handling, 103 untuk pegawai Kantor Otoritas Bandara Wilayah III, 100 untuk pegawai BPKP, 94 untuk petugas Balai Karantina Ikan Juanda, dan 92 untuk PT Angkasa Pura Logistik selaku pengelola terminal kargo Bandara Juanda,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam mendukung kegiatan ini Bandara Juanda memfasilitasi tempat vaksinasi yang berlokasi di area lobby terminal 1 yang baru dengan menjalankan protokol kesehatan ketat.

“Kegiatan vaksinasi ini dibagi menjadi 6 sesi, per sesi butuh waktu 60 menit. Vaksinasi dari pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB, dan terselenggara atas sinergi Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net.

Melibatkan 48 petugas yang terdiri dari petugas registrasi, keamanan, hingga 26 tenaga medis, pelaksanaan vaksinasi dosis kedua di Bandara Juanda dibagi menjadi beberapa tahapan yang sama seperti pada vaksinasi sebelumnya.

Pertama adalah tahap pendaftaran. Para peserta vaksinasi akan melewati pengecekan suhu dan verifikasi data. Kemudian tahap screening kesehatan pengecekan tekanan darah dan pertanyaan terkait riwayat kesehatan.

Selanjutnya apabila telah memenuhi syarat, di tahap ketiga para peserta vaksinasi disuntik vaksin dan menunggu selama 30 menit untuk dilakukan observasi sebagai langkah antisipasi reaksi pasca vaksinasi.

Adapun tenaga medis yang ikut membantu dalam kegiatan vaksinasi ini dari KKP Surabaya, RSI A Yani Surabaya, RS Siti Hajar, RS Delta Surya, Klinik Tariza, Klinik Kimia Farma, dan Klinik Ultra Medika.

Kicky berharap, vaksinasi untuk petugas bandara ini bisa meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi para pengguna jasa dalam menggunakan transportasi udara.

“Selain itu, vaksinasi ini juga untuk melindungi para pegawai kami terutama yang berada di garda terdepan melayani pengguna jasa seperti Aviation Security, Customer Service, dan Airport Rescue and Fire Fighting, sehingga berkurang rasa kekhawatiran tertular saat bekerja.” ujarnya.

Bandar Udara Internasional Juanda secara konsisten telah menerapan protokol kesehatan mulai dari pemeriksaan suhu tubuh dengan thermo scanner, pemasangan dispenser cairan pembersih tangan, pengaturan jarak di ruang tunggu, pemasangan stiker pembatas jarak antrian dan setiap 10 menit imbauan penerapan physical distancing.

Kicky berharap masyarakat tidak perlu khawatir untuk berpergian ataupun datang di Bandar Udara Internasional Juanda.

“Saat ini Bandara Juanda akan selalu menerapkan protokol kesehatan, kami juga telah membentuk tim sinergitas untuk inspeksi dan patroli penerapan protokol kesehatan di bandara. Kami harap kepercayaan pengguna jasa semakin meningkat seiring peningkatan protokol kesehatan dan vaksinasi ini,” ujarnya.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Antre Vaksin di T2 Juanda

Kebakaran Lahan Kosong Darmo Permai

Antrean Vaksinasi di Grand City Surabaya

Surabaya
Senin, 20 September 2021
33o
Kurs