Kamis, 25 April 2024

Vaksinasi Pelajar Surabaya dalam Waktu Dekat Digelar di Sekolah

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya. Foto: Humas Pemkot Surabaya

Vaksinasi Covid-19 untuk pelajar jenjang sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Surabaya, Jawa Timur, siap digelar secara bertahap di sekolah masing-masing dalam waktu dekat ini.

Eri Cahyadi di Surabaya Wali Kota Surabaya mengatakan, untuk lembaga pendidikan SD-SMP yang tidak mendapatkan undangan vaksinasi di Gelora 10 November (G10N) Surabaya pada Minggu akan tetap mendapatkan vaksin yang akan dilaksanakan di masing-masing sekolah.

“Jadi, nanti kita pecah-pecah, karena kalau semua di sini (G10N) juga tidak mungkin,” kata Eri seperti yang dilansir Antara.

Eri menyebut, vaksinasi khusus bagi pelajar sekolah yang sebelumnya sudah dikoordinir oleh Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya. Sedangkan sisanya, akan dilaksanakan secara bertahap divaksin di masing-masing sekolah.

Supomo Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya mengatakan untuk menjangkau lebih banyak anak di Surabaya yang sudah menerima vaksin, ke depannya Pemkot Surabaya akan menyelenggarakan vaksin untuk anak usia 12 tahun ke atas di sekolah-sekolah.

Namun, lanjut dia, untuk pelaksanaan vaksinasinya akan dilaksanakan secara bertahap sembari menenuggu ketersediaan jumlah vaksin di Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya. Ia menargetkan semua anak di Surabaya akan tervaksin.

“Jadi bagi pelajar yang tempat tinggalnya jauh dari G10N, maka nanti vaksinnya bisa diagendakan di sekolah,” katanya.

Reni Astuti Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya sebelumnya menyarankan tahapan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum khususnya anak-anak usia 12-17 tahun agar bisa dilakukan di sekolah masing-masing.

“Vaksinasi tetanus, campak, difteri yang sebelumnya maupun yang secara berkala sudah dijalankan di sekolah oleh petugas puskesmas setempat. Sehingga, pola atau skema vaksinasi di sekolah juga bisa dilaksanakan ketika vaksinasi Covid-19,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut dia, Dinkes Surabaya segera berkoordinasi dengan Dispendik Surabaya terkait dengan pendataan pendataan siswa yang memenuhi kriteria usia untuk vaksinasi.(ant/tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs