Selasa, 19 Maret 2024

Angkasa Pura II Siapkan Sentra Vaksin Booster di Bandara

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Sejumlah penumpang pesawat udara sedang menunggu di terminal domestik Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumut. Foto: Angkasa Pura

PT Angkasa Pura II (Persero) menyiapkan sentra vaksinasi ketiga (booster) di bandara yang dikelola sejalan dengan wacana penerapan kebijakan vaksinasi booster sebagai syarat perjalanan termasuk bagi penumpang pesawat.

“Salah satu persiapan yang kami lakukan adalah membuka fasilitas sentra vaksinasi booster beserta seluruh sarana dan prasarana di seluruh bandara AP II bagi penumpang pesawat mulai 6 – 7 Juli 2022,” kata Muhammad Awaluddin President Director AP II dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (6/7/2022).

Awaluddin mengatakan, koordinasi telah dilakukan dengan seluruh pemangku kepentingan khususnya Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan guna memastikan ketersediaan vaksinasi booster bagi penumpang pesawat.

Sentra vaksinasi booster di Bandara Soekarno-Hatta mulai dibuka pada 6 Juli 2022 di tiga titik yaitu Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3.

Sementara itu sentra vaksinasi booster di 19 bandara AP II lainnya dibuka mulai 7 Juli 2022.

“Kebijakan vaksinasi booster sebagai syarat perjalanan saat ini belum diberlakukan. AP II sudah melakukan persiapan dengan membuka sentra vaksinasi booster di seluruh bandara,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Ia menambahkan keberadaan sentra vaksinasi booster di seluruh bandara AP II ini juga akan turut mendukung percepatan vaksinasi booster di tengah masyarakat.

Saat ini jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia sekitar 100.000 – 120.000 penumpang/hari, sementara di 19 bandara AP II lainnya secara kumulatif berkisar 100.000 penumpang/hari.

“Dengan adanya sentra vaksinasi booster di bandara AP II maka penumpang pesawat tidak akan sulit memenuhi persyaratan perjalanan, dan hal ini akan berdampak pada adanya percepatan vaksinasi booster di tengah masyarakat,” katanya.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 19 Maret 2024
32o
Kurs