Jumat, 29 Maret 2024

AS Siap Dukung Indonesia Sebagai Ketua ASEAN 2023

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Sung Y. Kim Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia. Foto: Antara

Amerika Serikat menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama dengan Indonesia yang memegang keketuaan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pada tahun 2023 mendatang.

“Tahun kepresidenan Indonesia di ASEAN dimulai. Kita memasuki era baru kerja sama dengan diluncurkannya Kemitraan Strategis Komprehensif AS-ASEAN,” kata Sung Y. Kim Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia saat jumpa pers di Kedutaan Besar AS di Jakarta, Rabu (7/12/2022), mengutip Antara.

Dubes mengatakan bahwa pemerintah AS sangat bersemangat dan siap mendukung Indonesia di tahun bersejarah lainnya, setelah sukses menggelar KTT G20 di Bali pada November lalu.

Dubes juga mengucapkan selamat kepada Indonesia atas kepemimpinan globalnya yang cekatan untuk mendorong dialog G20 yang produktif mengenai hal-hal mendesak seperti kerawanan pangan, kesehatan global, serta perubahan iklim dan memastikan pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Pemerintah Indonesia menerima penyerahan Keketuaan ASEAN dari Kamboja pada awal November.

Sementara Retno Marsudi Menteri Luar Negeri Indonesia mengungkapkan bahwa keketuaan Indonesia di ASEAN tahun depan akan mengusung tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”.

Menurutnya, Indonesia juga ingin menjadikan kawasan Asia Tenggara tetap menjadi pusat pertumbuhan ekonomi, epicentrum of growth. Retno berharap Indonesia dapat menjalankan Keketuaan ASEAN 2023 sebaik Indonesia menjalankan Presidensi G20 tahun 2022.(ant/dfn/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs