Rabu, 17 April 2024

Joe Biden Presiden AS Ucapkan Selamat HUT Kemerdekaan RI kepada Jokowi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Joe Biden Presiden berbicara dengan Joko Widodo Presiden setelah pertemuan bilateral di Glasgow, Skotlandia, pada 1 November 2021. Foto: Gedung Putih

Joe Biden Presiden Amerika Serikat mengucapkan selamat memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI kepada Joko Widodo Presiden RI dan rakyat Indonesia.

“Bapak Presiden (Jokowi) yang terhormat, atas nama Amerika Serikat dan rakyat Amerika, saya mengucapkan selamat kepada Bapak dan rakyat Indonesia yang merayakan hari kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus,” demikian isi pesan Presiden Biden kepada Presiden Jokowi, menurut keterangan Kedubes AS yang dikutip Antara, Selasa (16/8/2022).

Dalam pesannya, Biden mengatakan bahwa, sebagai dua negara demokrasi terbesar di dunia, Amerika Serikat dan Indonesia merayakan tonggak peringatan kemerdekaan di tengah sejarah panjang bersama yang dibangun di atas visi yang mirip di antara kedua negara, yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” dan “E Pluribus Unum”.

E Pluribus Unum adalah semboyan atau moto Amerika Serikat. Kalimat itu diambil dari bahasa Latin dan secara harafiah berarti “Dari banyak menjadi satu”.

Moto dari kedua negara, menurut Biden, menggarisbawahi pentingnya inklusivitas dalam membangun jembatan antara masyarakat yang beragam.

“Pada Hari Kemerdekaan Indonesia ini, saya menantikan kerja sama yang akan dilakukan kedua negara kita untuk memajukan komitmen bersama terkait demokrasi dan bekerja untuk membangun kawasan Indo-Pasifik yang damai, sejahtera, dan tangguh,” kata Presiden Biden dalam pesannya.

“Amerika Serikat merayakan hari yang membahagiakan ini bersama Bapak (Jokowi) sebagai sahabat dan mitra strategis (Indonesia),” ujarnya.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
27o
Kurs