Kamis, 8 Desember 2022

Balai Yasa Surabaya Gubeng Jadi Sarana Edukasi Kereta Api untuk Masyarakat

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Suasana pengunjung saat memasuki Balai Yasa Gubeng Surabaya untuk mengikuti Open House, pada Minggu (25/9/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

PT. Kereta Api Indonesia (KAI) gelar Open House di Balai Yasa Surabaya Gubeng sebagai sarana edukasi kereta api untuk masyarakat umum. Acara tersebut diselenggarakan mulai tanggal 25 hingga 27 September 2022 mendatang.

Eko Purwanto Direktur Pengelolaan Sarana KAI mengatakan bahwa acara yang dibuka pada Minggu pagi ini, digunakan sebagai ajang pembelajaran kereta api terhadap masyarakat.

“Open House Balai Yasa ini sebagai sarana edukasi transportasi kereta api. Jadi, acara ini diharapkan dapat memberikan value bagi pendidikan, pemerhati, dan masyarakat secara keseluruhan,” ucapnya pada Minggu (25/9/2022).

Melalui Open House ini, KAI ingin masyarakat dapat secara langsung melihat dapur kereta api, yakni tempat dimana KAI merawat seluruh sarana kereta api, dari lokomotif, kereta, KRD, KRDI, hingga KRL.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa Open House ini merupakan acara pertama kalinya yang diselenggarakan oleh KAI, untuk masyarakat umum bisa melihat dan belajar di bengkel kereta api.

Lebih lanjut, Balai Yasa menurutnya adalah salah satu tempat terlarang untuk dimasuki masyarakat umum. Karena, memiliki risiko yang tinggi, yakni yang berhubungan dengan keselamatan. Oleh karena itu, KAI membuat jalur khusus untuk menjamin keamanan dalam Open House ini.

“Dalam acara ini, kami membuat jalur khusus, jadi akan kami arahkan untuk keselamatan dan keamanan terjamin, untuk melihat proses perawatan kereta api. Jadi, harus mengikuti petunjuk, seperti menggunakan safety belt, helm, dan peralatan lainnya jika dibutuhkan,” tambahnya.

Ia berharap, Balai Yasa ke depan bukan hanya sebagai tempat merawat kereta api saja, melainkan juga menjadi tempat pendidikan dan tempat tumbuhnya ekonomi.

“Ke depan, KAI akan berkolaborasi dengan berbagai stakeholder seperti Dinas Pariwisata dan Dinas Perekonomian, untuk memberikan value lebih kepada masyarakat. Sehingga fungsi Balai Yasa tidak hanya sebatas merawat sarana kereta api, tetapi juga sebagai wahana pendidikan dan menghidupkan perekonomian,” ucapnya.

Ia juga berharap acara Open House ini bisa kembali diadakan di tahun-tahun selanjutnya, untuk memberikan edukasi kereta api yang konsisten terhadap masyarakat.

Selain diadakan di Surabaya, Open House ini juga diadakan dua tempat lainnya. Yakni di Balai Yasa Yogyakarta yang sudah dibuka Jum’at (23/9/2022) dan di Balai Yasa Manggarai yang akan dibuka Senin (26/9/2022).

Sebagai diketahui, acara ini juga bagian dari rangkaian dari Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 KAI yang jatuh pada 28 September mendatang. Yang mana dalam HUT tersebut, KAI memakai tema Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik.(ris/gat/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Kamis, 8 Desember 2022
25o
Kurs