Jumat, 29 Maret 2024

Bandara Internasional Juanda Siap Beri Dukungan Penuh Pelaksanaan KTT G20

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pesawat yang terparkir berjejer-jejer di Bandara Juanda. Foto: Humas Angkasa Pura

Sebagai bandara pendukung event KTT G20 di Bali pada 15-16 November 2022 mendatang, Bandar Udara Internasional Juanda telah berkomitmen dan menyiapkan berbagai bentuk dukungan untuk mensukseskan perhelatan akbar tersebut.

Bentuk dukungan meliputi infrastruktur serta operasional bandara, seperti penyediaan 17 parking stand untuk penempatan parkir pesawat kepresidenan, penambahan jam operasional bandara menjadi 24 jam, serta dukungan teknis lainnya.

Sisyani Jafar General Manager Bandar Udara Internasional Juanda menjelaskan, dukungan tersebut dilakukan melalui pemaksimalan fasilitas dan sumber daya manusia (SDM) yang ada.

“Alokasi sembilan parking stand kami siapkan untuk tiga pesawat berbadan lebar (wide body), dan enam untuk pesawat berbadan sedang (narow body). Serta ditambah lagi dukungan dari Lanudal Juanda sebanyak delapan parking stand di apron militer. Jadi total ada sejumlah 17 parking stand,” jelas Sisyani dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Selasa (8/11/2022).

Sebelumnya, pada awal bulan Agustus lalu Tim Kemenkomarves sebagai panitia KTT G20 telah melakukan survey ke Bandara Juanda untuk memastikan kesiapan dalam mendukung event KTT G20 di Bali. Survei meliputi ketersediaan parking stand, kondisi landasan pacu (runway), personil pengamanan serta fasilitas Damkar (Airport Rescue and Fire Fighting).

Berdasarkan data alokasi Penempatan Pesawat Delegasi Kepala Negara yang dihimpun oleh Kementerian Luar Negeri per tanggal tanggal 4 November 2022, Bandar Udara Internasional Juanda akan menjadi salah satu bandara kelolaan PT Angkasa Pura I yang dialokasikan sebagai lokasi parkir pesawat delegasi peserta KTT G20.

Sisyani menambahkan, kedatangan pesawat delegasi akan dimulai pada tanggal 14 November mendatang. “Pesawat negara-negara peserta KTT G20 akan parkir di Bandar Udara Internasional Juanda, hingga saat ini kami terus berkoordinasi dengan instansi terkait,” ungkap Sisyani.

Selain pengalokasian parking stand, Sisyani menyampaikan kesiapan lain berupa personel dan fasilitas penunjang yang mencukupi, dalam menjamin pelayanan dan keamanan ketika pesawat parkir dalam waktu yang cukup lama.

“Kami memiliki personil dan fasilitas Damkar dengan kategori delapan yang mampu melayani hingga kategori sembilan, serta memiliki 919 personil yang siaga, diantaranya sebanyak 767 personil internal dan 152 personil eksternal (Satgaspam Lanudal Juanda). Semua akan kami maksimalkan demi kelancaran pelaksanaan event KTT G20,” tambahnya.

Pada periode Event KTT G20, lanjut Sisyani, juga akan terjadi beberapa penyesuaian operasional di Bandar Udara Internasional Juanda, yakni penambahan delapan jam operasional dari yang saat ini 16 jam (mulai pukul 05.00 WIB s/d 21.00 WIB), menjadi 24 jam selama KTT G20 berlangsung, pada periode tanggal 12 hingga 18 November 2022. (bil/rsr)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs