Minggu, 5 Mei 2024

Bangkai Hiu Tutul Terdampar di Pesisir Pantai Jember

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
AKP M. Nai Kasatpolair Polres Jember saat melihat dari dekat hiu tutul yang terdampar dalam kondisi mati di Pantai Nyamplong Kobong, Desa Kepanjen, Kecamatan Gumukmas, Kamis (14/7/2022). Foto: Antara

Bangkai hiu tutul atau hiu paus (Rhycodon Typus) ditemukan terdampar di pesisir selatan atau tepatnya di Pantai Nyamplong Kobong, Desa Kepanjen, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis (14/7/2022).

“Kami menerima laporan dari nelayan pukul 09.00 WIB, bahwa ada hiu tutul yang terdampar di Pantai Nyamplong Kobong, dan kami langsung menuju ke lokasi,” ujar AKP Muhammad Na’i, Kepala Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Jember, seperti dilansir Antara.

Panjang ikan hiu tutul tersebut sekitar tujuh meter dengan lebar 1,5 meter dengan berat sekitar 1,5 ton. Hal itu membuar Satpolair, nelayan, Dinas Perikanan dan Polsek Gumukmas setempat kesulitan mengevakuasi ikan hiu tersebut ke tepi pantai.

“Hiu tutul itu dalam kondisi mati, sehingga kami berusaha mengevakuasi bangkainya ke daratan untuk dikuburkan. Namun, evakuasi selama tiga jam belum membuahkan hasil,” jelas AKP Muhammad.

Petugas selanjutnya akan berkoordinasi dengan pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jember, untuk menguburkan bangkai tersebut di tepi pantai, agar tidak menjadi tontonan warga di sekitar Pantai Nyamplong Kobong.

“Hiu tutul terdampar, karena kondisi cuaca ekstrem di Samudera Hindia, terutama di wilayah pantai selatan Jember selama beberapa hari terakhir,” ujar AKP Muhammad.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi, bahwa tinggi gelombang di perairan selatan Jember di atas lima meter serta angin kencang. Kondisi tersebut disinyalir membuat ikan hiu tersebut terbawa arus dan terdampar di Pantai Nyamplong Kobong.

Apabila hiu tersebut terdampar dalam kondisi hidup, maka dikembalikan ke habitatnya di laut. Dan bila dalam keadaan mati, maka harus dikubur. (ant/des/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
30o
Kurs