Sabtu, 20 April 2024

DPR Minta Angkasa Pura II Tingkatkan Layanan Penumpang Jelang Mudik Lebaran

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Antrean penumpang yang pesawatnya delay di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta pada Senin (28/4/2022). Foto: Ika suarasurabaya.net

Bob Andika Mamana Sitepu anggota Komisi V DPR RI meminta PT Angkasa Pura II untuk meningkatkan pelayanan penumpang di bandara. Menurut Bob, banyak sekali yang perlu dibenahi, apalagi sebentar lagi lonjakan penumpang mudik akan segera tiba.

Bob mengaku belum melihat perbaikan terhadap pemeriksaan tiket, karena masih kerap menimbulkan antrean penumpang yang cukup panjang.

“Kadang kalau pagi hanya satu (loket) yang dibuka, paling banyak dua. Kenapa tidak dibuka sebanyak-banyaknya saja supaya tidak terjadi antrean tiket disitu. Kedepan hal ini perlu dibenahi,” kata Bob dalam Dalam Rapat Dengar (RDP) Komisi V DPR RI bersama Dirjen Perhubungan Udara yang menghadirkan Direksi PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II dan LPPNPI di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (5/4/2022).

Menurut dia, peningkatan pelayanan penumpang ini penting mengingat pergerakan penumpang pesawat udara sudah mulai bertumbuh. Bob juga mengambil contoh pelayanan Bandara Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara, yang dianggapnya perlu ditingkatkan. Apalagi, Bandara Kualanamu akan dibuka lagi untuk penerbangan internasional.

“Kesiapan kita untuk Bandara Kualanamu ini perlu benar-benar dibenahi, apalagi kita ada kerja sama dengan India. Karena banyak juga kita lihat, terakhir ini (kondisi bandara) agak kumuh. Kita turun dari pesawat saja tidak tertata dengan baik, kerumunan orang, kerumunan orang menunggu itu cukup banyak,” tandas Bob.

Hal yang sama juga disampaikan Irwan Anggota Komisi V DPR RI. Dia mengingatkan PT Angkasa Pura II untuk segera meningkatkan pelayanan kepada penumpang. Mengingat setelah dua tahun mengalami penurunan jumlah penumpang, kini jumlah penumpang sudah berangsur mulai pulih kembali.

“Bandara Sepinggan, Balikpapan, semenjak dibuka sudah cukup padat tapi sumuk (gerah). Saya dapat beberapa laporan kalau panas sekali bandaranya di sana. Ini sudah mau mudik, saya harap sudah bisa dihidupkan lagi peralatan pendingin ruangan dan lain-lainnya. Agar kenyamanan penumpang juga sesuai dengan biaya yang mereka keluarkan,” kata Irwan.(faz/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
30o
Kurs