Minggu, 4 Desember 2022

Dukung Program Surabaya Bergerak, Ratusan Warga Jemur Wonosari Bersihkan Area Pemakaman

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Gotong royong pengangkutan hasil perantingan pohon di Makam Islam Jemur Wonosari Surabaya, pada Minggu (13/11/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Ratusan warga Jemur Wonosari Wonocolo, Surabaya, hari ini, Minggu (13/11/2022), melakukan kerja bakti massal dalam program Surabaya Bergerak, di Makam Islam Jemur Wonosari Gang Lebar Nomor 170.

Muhammad Yasin Lurah Jemur Wonosari, mengatakan, warganya memilih melakukan kerja bakti di makam, sebagai bentuk menjaga lingkungan makam agar tetap dalam kondisi bersih.

“Kami memusatkan kerja bakti di tempat pemakaman umum agar tempat itu tetap terawat dengan baik,” ucapnya kepada suarasurabaya.net.

Lebih lanjut, dia bilang kegiatan bersih-bersih area makam merupakan agenda rutin warga Jemur Wonosari.

“Memang biasanya kami selalu melakukan kerja bakti di sini, biasanya satu tahun dua kali untuk memastikan bahwa tempat itu terjaga dengan baik, dan warga yang nyekar juga nyaman,” jelasnya.

Pengangkutan seluruh ranting pohon yang sudah ditebang ke truk, pada Minggu (13/11/2022) di Jemur Wonosari Surabaya. Foto: Risky suarasurabaya.net

Dalam kegiatan itu, warga saling bergotong royong dan membagi tugas. Ada yang menyapu area makam, ada yang memotong ranting pohon, ada yang mengangkut sampah, dan ada juga yang memotong rerumputan.

Mereka saling bahu membahu antara satu sama lain, untuk menyelesaikan pekerjaan bersama.

Warga Jemur Wonosari yang mengikuti kerja bakti merupakan warga dari Rukun Warga (RW) 03 yang terdiri dari 10 Rukun Tetangga (RT), dan RW 09 yang terdiri dari 8 RT.

Yasin menambahkan, pihaknya mendukung penuh agenda Surabaya Bergerak supaya seluruh kelurahan yang ada di kota Surabaya terus terjaga lingkungannya, bukan hanya di Jemur Wonosari.

Dengan adanya kegiatan itu, dia berharap kepedulian terhadap lingkungan yang telah tertanam pada warganya dapat terus bertahan.

“Ini kan kegiatan positif, jadi agar terus berdampak positif juga pada semuanya,” ucapnya.

Sebagai diketahui, Surabaya Bergerak adalah kegiatan bersih-bersih lingkungan yang diadakan di beberapa kelurahan di Surabaya.

Program tersebut terselenggara atas inisiasi Suara Surabaya Media dengan Pemerintah Kota Surabaya, yang melibatkan unsur pentahelix, didukung PT Pelindo Terminal Petikemas, CitraLand Surabaya Green,Clean and Modern International City dan PT. SIER.

Surabaya Bergerak mengajak warga untuk kerja bakti serentak membenahi saluran tersier di perkampungan. Langkah itu mendukung Pemkot Surabaya yang sedang melakukan perbaikan, juga pembangunan saluran primer mau pun sekunder.

Tercatat sudah lebih dari 100 kelurahan di Surabaya terdaftar dalam acara gotong rotong tersebut.

Selain mengoptimalkan penanganan banjir, Surabaya Bergerak juga bertujuan membangun serta memupuk semangat gotong-royong warga dalam menjaga kotanya.(ris/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Minggu, 4 Desember 2022
25o
Kurs