Selasa, 27 September 2022

Empat Ribu Pendaki Rayakan HUT ke-77 RI di Gunung Penanggungan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Upacara bendera di Gunung Penanggungan pada tahun 2019. Foto: Fuad Maja FM untuk suarasurabaya.net

Khoirul Anam Sekretaris Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sumber Lestari memprediksi akan ada 4.000 pendaki yang mengikuti upacara kemerdekaan Republik Indonesia di puncak Gunung Penanggungan pada Rabu (17/8/2022).

“Jumlah pendaki pada momen tersebut akan naik dibandingkan hari-hari biasa. Kita memprediksi bisa mencapai 4.000 an pendaki, itu terdiri dari beberapa jalur menuju puncak. Namun paling banyak jelas via Tamiajeng,” kata dia kepada Fuad reporter Maja FM, Jumat (12/8/2022).

Jalur Tamiajeng merupakan favorit pendaki karena landai, ramah untuk para pemula.

Khoirul menambahkan, tahun ini upacara diadakan di tiga lokasi yang dikoordinasikan tiga komunitas.

“Upacara di puncak akan ada pengibaran bendera sepanjang 400 meter, dikordinasi Team Stress Adventure. Kemudian yang di Puncak Bayangan dikordinasikan sama Indonesia Egel dan dua upacara bendera ini melalui jalur via Tamiajeng, kemudian yang dan juga ada di Gunung Bekel itu via jalur Seloliman,” ungkapnya

Upacara bendera pada tahun ini akan diberangkatkan langsung oleh Ikfina Fahmawati Bupati Mojokerto.

Pengelola Gunung Penanggungan telah menyiapkan ratusan personel atau rescue yang terdiri dari Welirang Community, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU, Bagana, SAR Penanggungan, Tagana Kabupaten Mojokerto hingga BPBD dan juga mobil siaga untuk menjaga keamanan ribuan pendaki. Mereka akan ditempatkan di beberapa pos. Mulai dari pos 2, pos 3, pos 4, puncak bayangan, di puncak bayangan, serta di atas puncak bayangan.(fad/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Selasa, 27 September 2022
30o
Kurs