Minggu, 14 Agustus 2022

Enam Nama Deklarasikan Diri dalam Pemilihan Rektor Unesa Periode 2022-2026

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Enam bakal calon yang masuk dalam pertarungan sebagai calon rektor Unesa periode 2022-2026. Foto: Humas Unesa

Masa jabatan pimpinan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) periode 2018-2022 segera berakhir. Karena itu, panitia penjaringan dan pemilihan calon rektor mengumumkan penjaringan bakal calon sejak 23 Maret-4 April 2022 lalu dan membuka pendaftaran bakal calon rektor pada 28 Maret 2022 hingga 14 April 2022.

Nama-nama yang masuk kemudian melewati tahap verifikasi dan seleksi berkas administrasi pada 30 Maret-21 April. Hasilnya, panitia penjaringan menetapkan bakal calon rektor Unesa periode 2022-2026 dalam rapat penetapan yang diselenggarakan di Ruang Rapat Lantai 9, Gedung Rektorat Kampus Lidah Wetan, Surabaya pada Jumat (22/4/2022) siang.

Berdasarkan keputusan dalam rapat tersebut. Muncul enam nama bakal calon yang masuk dalam pertarungan sebagai calon rektor Unesa periode 2022-2026. Nama-nama tersebut, yaitu:

  1. Dr. Bachtiar Syaiful Bachri, M.Pd.,
  2. Dr. Dra. Djuli Djatiprambudi, M.Sn.,
  3. Dr. Maspiyah, M.Kes.,
  4. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si.,
  5. Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., dan
  6. Dr. Trisakti, M.Si.

“Bakal calon ini merupakan kandidat yang siap bersaing guna mewujudkan Unesa yang lebih maju, dan berprestasi dalam lima tahun ke depan. Mereka sebelumnya mengikuti tahap pendaftaran. Kemudian ada seleksi administrasi dan tes kesehatan,” terang Prof. Madlazim, Ketua Panitia.

Dalam rapat tersebut. Nama-nama tersebut kompak mendeklarasikan diri sebagai bakal calon dan siap bersaing untuk Unesa yang lebih maju dan unggul di hadapan jajaran panitia pelaksana.

“Kami bakal calon Rektor Universitas Negeri Surabaya 2022-2026, siap berkontestasi mewujudkan pemilihan calon rektor yang sejuk, aman, dan damai,” pekik mereka serentak.

Langkah yang diambil para bakal calon rektor tersebut mendapat apresiasi dari panitia pelaksana dan jajaran senat. Artinya, deklarasi tersebut, tidak hanya sebagai ungkapan kesiapan mengikuti kontestasi, tetapi juga berkomitmen untuk mewujudkan proses pemilihan yang sejuk, aman dan damai.

Salah satu bakal calon, Dr. Bachtiar Syaiful Bachri, mengungkapkan alasannya untuk ikut berpartisipasi dalam kontestasi tersebut. Bachtiar mengungkapkan, bahwa langkah ini menjadi upayanya untuk mendapat kesempatan memimpin kampus ‘Satu Langkah di Depan’ itu lima tahun ke depan.

“Selamat kepada keenam bakal calon. Insya Allah bakal calon yang diterapkan punya niat baik untuk memajukan Unesa,” ucap Prof. Haris Supratno Ketua Senat Unesa, usai deklarasi.

Para bakal calon rektor tersebut disosialisasikan pada 25 April hingga 17 Mei 2022. Kemudian, akan tampil menyampaikan visi, misi dan program unggulan bakal calon rektor UNESA pada 18 Mei 2022 mendatang.

“Semoga proses ini berjalan lancar dan muncul kandidat terbaik dengan visi-misi serta program unggulannya untuk UNESA yang lebih maju dan unggul,” kata Ketua Panitia. (iss/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langir Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Minggu, 14 Agustus 2022
31o
Kurs