Kamis, 25 April 2024

Pendaftar SNMPTN Naik Signifikan, Persaingan Masuk Unesa Makin Ketat

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Universitas Negeri Surabaya. Foto: Unesa

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mencatat jumlah pendaftar jalur SNMPTN di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) tahun ini naik 24.091 orang pada 2021, menjadi 30.389 pendaftar pada tahun 2022.

Dr. Sukarmin, M.P.d. Ketua Satuan Admisi Unesa mengatakan bahwa meningkatnya jumlah pendaftar tersebut menunjukkan naiknya animo masyarakat atau anak-anak muda untuk belajar di perguruan tinggi, didukung gencarnya sosialisasi dan promosi.

Dengan kenaikan jumlah pendaftar tersebut, tingkat persaingan di masing-masing prodi juga semakin ketat.

“Prodi S-1 Manajemen menjadi jurusan pendaftar SNMPTN terbanyak dengan 2.164 peserta, disusul prodi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan 1.410 peserta dan S-1 Psikologi sebanyak 1.366 peserta,” kata Sukarmin melalui keterangan tertulis, Jumat (4/3/2022).

Tahun ini Unesa juga menambah daya tampung untuk semua jalur. Penambahan kuota penerimaan mahasiswa baru tahun ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan yang luas kepada putra dan putri terbaik Tanah Air untuk meneruskan pendidikan di perguruan tinggi.

“Kita bisa lihat, geliat anak-anak muda untuk kuliah semakin meningkat. Kuliah memang selain kebutuhan belajar, kompetensi juga menjadi tuntutan zaman,” ujarnya.(iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs