Rabu, 8 Februari 2023

Ini Daftar Pemenang Sido Resik, Ketua TP PKK Berharap Semua Warga Sidoarjo Mempercantik Sungainya

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Sejumlah Penggerak PKK, lurah, dan warga yang Candinegoro naik ke atas panggung setelah Ning Sasha mengumumkan desa mereka menjadi juara pertama program Sido Resik, di acara Awarding Sido Resik di Alun-Alun Sidoarjo, Minggu (30/1/2022). Foto: Denza suarasurabaya.net

Para pemenang program gerakan sekaligus lomba Sidoarjo Revitalisasi Fungsi Kali (Sido Resik) sudah diumumkan di acara Awarding Sido Resik di Alun-Alun Sidoarjo, Minggu (30/1/2022).

Ada sembilan desa dari 14 desa nominator yang mendapatkan penghargaan berupa piala dan hadiah sejumlah uang.

Tiga desa menjadi pemenang untuk kategori “sungai bersih”, enam desa lainnya merupakan tiga desa terbaik dan tiga juara harapan pemenang kategori Sido Resik.

Sa’adah Muhdlor Ali Ketua Tim Penggerak PKK yang mengumumkan dan menyerahkan piala serta hadiah uang pembinaan untuk sembilan desa terbaik setiap kategori ini.

Berikut ini desa pemenang kategori sungai bersih.
– Desa Cemandi, Sedati (Juara Pertama)
– Deaa Sidokerto, Buduran (Juara Kedua)
– Desa Gamping, Krian (Juara Ketiga).

Tidak hanya mendapatkan hadiah uang tunai belasan juta rupiah, para desa pemenang ini juga mendapat sejumlah logam mulia.

Kemudian untuk kategori Sido Resik, berikut desa-desa pemenangnya.
– Desa Candinegoro, Wonoayu (Juara Pertama)
– Desa Ketapang, Tanggulangin (Juara Kedua)
– Desa Cangkring, Krembung (Juara Ketiga)

Ketiga desa juara ini mendapatkan hadiah pembinaan berupa uang tunai ratusan juta rupiah, yang mana desa juara pertama mendapatkan uang pembinaan Rp500 juta.

Baca juga: Sido Resik Tidak Akan Berhenti pada Seremoni

Sa’adah Muhdlor Ali yang akrab disapa Ning Sasha berharap, tidak hanya desa peserta Sido Resik masyarakat Sidoarjo secara umum mau mempercantik sungainya.

“Jadi tidak hanya peserta, kami berharap masyarakat Sidoarjo secara umum mau mempercantik sungainya. Karena sebenarnya, bila kita bisa mengelola dengan baik, sungai ini bisa menjadi daya tarik desa,” katanya.

Baca juga: Desa Nominator Program Sido Resik Terima Bantuan

Sekadar informasi, pemilihan 14 desa nominator ini sudah berlangsung sejak Desember 2021 lalu. 14 Desa itu dinilai layak menjadi nominator dari 36 proposal sungai yang masuk ke panitia.

Kemudian serangkaian road show dilakukan oleh panitia ke lokasi sungai desa nominator. Ning Sasha sendiri sampai turun ke desa-desa itu secara diam-diam untuk melihat langsung partisipasi masyarakat.

Sampai akhirnya penjurian berlangsung pada 27 sampai 29 Januari kemarin. Dan sembilan desa terbaik dalam program revitalisasi sungai Sido Resik ini diumumkan hari ini.(den)

Berita Terkait