Sabtu, 27 April 2024

Jalan Arief Rahman Hakim Surabaya akan Ditutup 60 Hari untuk Pemasangan CCSP

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Jalan Arief Rahman Hakim, Surabaya. Foto: Bagus Widyanto via e100

Jalan Arief Rahman Hakim di Kecamatan Sukolilo, Surabaya akan ditutup selama 60 hari mulai tanggal 12 Agustus hingga 30 September 2022 karena ada pemasangan Corrugated Concrete Sheet Piles (CCSP) tanggul sungai.

CCSP merupakan dinding vertikal yang relatif tipis berfungsi untuk menahan tanah dan masuknya air ke dalam lubang galian.

Adi Gunita Kabid Jalan dan Jembatan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) mengatakan, pemasangan CCSP berfungsi untuk menahan badan jalan agar tidak ambles saat hujan. Proyek ini senilai sekitar Rp3,5 miliar.

“Plengsengan jalan itu sudah rusak dan ambrol, takutnya saat musim hujan badan jalannya akan ambles karena sudah tidak kuat menahan bebannya,” kata Adi saat dikonfirmasi suarasurabaya.net, Senin (8/8/2022).

Adi melanjutkan, dalam pemasangan tersebut rencananya ada tiga tahap. Untuk tahap yang pertama pembangunan akan berlangsung selama delapan hari pekerjaan.

Untuk pemasangan tahap I, lalu lintas dari Jalan Arief Rahman Hakim menuju Jalan Keputih Tegal akan dialihkan menuju ke Jalan Keputih.

Sedangkan untuk lalu lintas dari Jalan Keputih Tegal menuju ke Jalan Arief Rahman Hakim akan dialihkan menuju Jalan KH Ahmad Dahlan.

“Untuk pembangunan di awal kami akan uji coba di malam hari terlebih dahulu,” kata dia.

Selanjutnya untuk pembangunan tahap II diestimasikan lama pekerjaan adalah empat hari dan tahap III selama tujuh hari. Pengerjaan pembangunan tahap II dan III pengguna jalan akan dialihkan dengan jalur yang sama, yaitu dari Jalan Arief Rahman Hakim menuju Jalan Keputih Tegal akan dialihkan menuju ke Jalan Keputih. Sementara itu, lalu lintas dari Jalan Keputih Tegal menuju ke Jalan Arief Rahman Hakim dialihkan menuju Jalan Perumahan Araya.

“Dalam pemasangan CCSP ini kami mengupayakan untuk meminimalisir risiko. Oleh karena itu kami akan meninjau terlebih dahulu untuk pemasangan di hari-hari biasa dan siang hari. Yang menjadi sorotan adalah gangguan kebisingan,” ungkap Adi.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar bersiap mencari jalan alternatif supaya meminimalisir gangguan mobilitas aktivitas sehari-hari.(wld/ipg)

Berikut ini Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Arief Rahman Hakim

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs