Jumat, 29 Maret 2024

Jembatan Suramadu Ditutup Total Saat Malam Tahun Baru

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
penumpukan-kendaraan-di-suramadu Penyekatan mengakibatkan antrean panjang kendaraan dan menyebabkan penumpukan kendaraan di Jembatan Suramadu sampai di bentang tengah jembatan, Minggu (6/6/2021). Foto: Dokumen suarasurabaya.net

AKP Eko Adi Kasat Lantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak mengatakan, Jembatan Suramadu akan ditutup total saat malam pergantian Tahun Baru, Sabtu (31/12/2022).

Akses Jembatan Suramadu akan ditutup total untuk semua jenis kendaraan dari arah Surabaya mau pun Bangkalan mulai pukul 22.00 WIB sampai Minggu (1/1/2023) pukul 00.01 WIB. Hanya yang memiliki kepentingan mendesak seperti ambulans dan pemadam kebakaran yang diperbolehkan melewati Jembatan Suramadu.

“Untuk mengurangi beban di Jembatan Suramadu, BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) mengimbau agar tidak ada perayaan di atas jembatan. Sehingga seperti tahun kemarin mulai pukul 22.00 kita alihkan arus, tidak boleh melalui Jembatan Suramadu,” ujar Eko saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Sabtu.

Selain untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan dan kepadatan, penutupan kali ini juga menghindari risiko mengingat masih ada pengerjaan PLN di sisi barat Jembatan Suramadu.

“Itu rawan apalagi hujan begini. Yang kedua, di Jembatan Suramadu walaupun dilalui 4 shaf kalau berjalan gak ada maslah, kalau stagnan berbahaya,” terangnya.

Kemudian untuk mengantisipasi konvoi dari arah Madura, mulai pukul 17.00 WIB baik di wilayah Polrestabes Tanjung Perak maupun Polres Bangkalan sudah melakukan penyekatan.

“Sebelum dari Madura masuk Surabaya sudah disekat dari kedua sisi,” jelas Eko.

Sementara untuk titik pengalihan dan rekayasa malam Tahun Baru, di batas kota akan dikhususkan di Jembatan Suramadu, Jalan Margomulyo, Jalan Laksda M Nazir, dan Jalan Dupak Rukun. Sedangkan untuk di jalur protokol dikonsentrasikan di Jalan Kembang Jepun, Jalan Sidotopo Lor, Jalan Perak Barat dan Perak Timur, Kenjeran Park, Jembatan Suroboyo dan Taman Suroboyo.(dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs