Jumat, 12 Agustus 2022

KBS Dikunjungi 3000 Orang di Hari Pertama Libur Idulfitri

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Seorang anak yang sedang memberi makan onta, di Kebun Binatang Surabaya, Senin (2/5/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Pada perayaan Hari Raya Idulfitri, biasanya identik dengan liburan bersama keluarga di tempat wisata. Termasuk salah satunya Kebun Binatang Surabaya (KBS), yang menerima kunjungan sekitar 3.345 orang di hari pertama Idulfitri ini.

“Kalau hari ini kami perkirakan hingga tutup pukul 16.30 WIB nanti, pengunjung bisa mencapai 3000-an orang,” kata Agus Supangkat Humas KBS pada suarasurabaya.net, Senin (2/4/2022).

Dia menjelaskan, jumlah 3.345 pengunjung saat berada di hari kerja atau hari senin adalah suatu peningkatan. Hal ini, kata Agus, karena KBS hanya menerima maksimal 1000 pengunjung pada hari kerja.

Namun, dibandingkan dengan hari weekend, angka 3000 menurut agus bukanlah angka yang bisa dibilang ramai pengunjung.

“Kami kalau di hari weekend bisa mencapai sekitar 4000 hingga 5000 pengunjung,” ujarnya.

Meski demikian, apabila melihat data dari tahun-tahun sebelumnya. Puncak dari membludaknya pengunjung KBS diprediksi ada di H+2 Lebaran.

Sebagai upaya antisipasi membludaknya pengunjung, pihak KBS telah mengerahkan 50 personel Tim Satgas Covid KBS, yang ditugaskan untuk memantau pengunjung agar tidak lengah untuk menjaga protokol kesehatan.

Selain itu, ada tenaga bantuan sebanyak kurang lebih 103 personil dari Polsek Wonokromo, Polrestabes Surabaya, Garnisun dan Koramil Wonokromo.

Lalu juga ada Dishub Kota Surabaya, BPBD Kota Surabaya, Satpol PP Kota Surabaya, Pramuka serta Pasukan kuning.

Menjelang libur lebaran Hari Raya Idulfitri ini, pihak KBS telah menyiapkan Wahana ‘The Adventure Aquanoctudio Park of Surabaya’ yang merupakan wahana pengembangan dari wahana aquarium.

“Wahana ‘Aquanoctudio Park’ ini akan mengajak pengunjung berpetualang sambil mengenal beragam satwa ikan, reptil, dan satwa yang aktif di malam hari,” katanya.

Kata Agus, Wahana Aquanoctudio ini juga dilengkapi dengan beragam koleksi satwa mati yang sudah diawetkan sebagai media edukasi di ruang Diorama.

“Kami mengambil beberapa hewan yang sudah mati, yang belum terlalu mengalami pembusukan kemudian disusun untuk kembali menjadi utuh,” imbuhnya.

Ruang Diorama yang berisi hewan awetan di Kebun Binatang Surabaya (KBS), Senin (2/5/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Selain wahana pembaruan dari aquarium tadi, pengunjung juga bisa menikmati berbagai wahana lain seperti Kid Zoo, Animal Edutainment, Wisata Perahu, Animal Story, dan Tunggang Onta.

Sebagai informasi, KBS sendiri memiliki kurang lebih 2.100 satwa, yang terdiri dari 212 jenis. Selain itu, dilengkapi juga dengan beragam koleksi tanaman.

Sedangkan untuk jam operasional, KBS dibuka sekitar pukul 08.00 hingga 16.30 WIB, dengan dua akses pembayaran tunai dan non tunai. Untuk non tunai bisa menggunakan aplikasi digital seperti OVO, Linkaja, Shopeepay, M-banking. (wld/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langir Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Jumat, 12 Agustus 2022
26o
Kurs