Jumat, 19 April 2024

Kemkes: Keterisian Rumah Sakit Terjaga Meski Kasus Harian Sudah Melampaui Delta

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Rumah Sakit Lapangan Indrapura saat ini kondisi nol pasien. Foto: Humas RSLI

Kementerian Kesehatan (Kemkes) mencatat kasus harian Covid-19 saat ini telah melampaui puncak penambahan saat varian Delta yaitu 59.384 kasus per Sabtu (19/2/2022) dibandingkan 56.757 kasus pada tahun lalu. Tapi angka keterisian tempat tidur isolasi dan ICU di rumah sakit di Tanah Air diklaim masih terjaga.

Data memperlihatkan, sampai Sabtu pukul 17.30 WIB kapasitas tempat tidur dan ruang isolasi berada di kisaran 37 persen, tidak mengalami perubahan dibanding Jumat (18/2/2022). Kapasitas itu masih dapat ditingkatkan menjadi 150.000 tempat tidur isolasi dan ICU jika diperlukan.

“Meski saat ini pasien yang dirawat di rumah sakit minim penambahan, tapi pemerintah harus terus melakukan upaya maksimal untuk menjaga ketahanan layanan kesehatan masyarakat di tengah naiknya kasus konfirmasi harian karena penyebaran varian Omicron di Indonesia,” kata Siti Nadia Tarmizi Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes.

Tidak hanya memperkuat layanan kesehatan, pemerintah juga terus meningkatkan pengujian (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment) demi menekan laju penyebaran Covid-19 yang didominasi Omicron dengan sifat penularan lebih cepat dibanding varian sebelumnya.

Sampai Jumat (18/2/2022) kemarin, pengujian dilakukan terhadap 520.663 spesimen atau naik dari Kamis (17/2/2022) dengan 500.940 spesimen.

“Dengan melakukan pemeriksaan spesimen ini, maka kita bisa turut melakukan pelacakan kontak erat atau tracing sehingga menahan laju penularan. Kami harapkan masyarakat untuk bersedia melakukan testing terutama bagi para kontak erat agar kita segera mengakhiri pandemi ini secara bersama-sama,” kata Nadia seperti dilansir Antara.

Pemerintah juga terus mendorong laju vaksinasi yang mana per 19 Februari 2022 ini capaian vaksinasi dosis pertama sudah 91,01 persen dari target 208.265.720 orang. Sementara dosis kedua mencapai 67,2 persen.

Pemerintah juga telah menyediakan layanan konsultasi dokter jarak jauh atau telemedisin untuk pasien tanpa gejala atau bergejala ringan yang menjalani isolasi mandiri. Setelahnya pasien itu juga akan mendapatkan obat gratis yang diantarkan ke rumah pasien.

Upaya penguatan lain terus dilakukan pemerintah mempertahankan kemampuan pelayanan kesehatan salah satunya dengan memenuhi kebutuhan oksigen.

Telah dipastikan sepuluh provinsi dengan penularan tertinggi sudah memiliki cadangan oksigen yang mampu bertahan lebih dari 48 jam. Selain itu jumlah oksigen konsentrator di sepuluh provinsi tersebut juga mencapai 10.326 dan oksigen generator mencapai 65.

“Cara paling efektif untuk mendukung pemerintah saat ini adalah turut mempercepat vaksinasi dosis lengkap dan memperkuat protokol kesehatan, terutama ketika di ruang-ruang publik,” ujar Nadia.(ant/tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs