Jumat, 19 April 2024

KPK Konfirmasi Penangkapan Bupati Pemalang di Area Gedung DPR Senayan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi KPK. Foto: Antara

Firli Bahuri Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengkonfirmasi penangkapan sejumlah orang terkait dugaan tindak pidana korupsi, Kamis (11/8/2022), di sejumlah lokasi.

Total ada 23 orang yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT). Seorang di antaranya Mukti Agung Wibowo Bupati Pemalang yang ditangkap di area belakang Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Menurut Firli, penindakan hukum itu terkait dugaan suap yang melibatkan pihak swasta dan oknum penyelenggara negara di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

“Betul, pada hari Kamis tanggal 11 Agustus 2022 sore, KPK melakukan tangkap tangan seorang bupati atas nama MAW dan beberapa orang yang diduga telah melakukan tindak pidana korupsi berupa suap,” ujarnya di Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Sekarang, Tim Penindakan KPK masih memeriksa intensif orang-orang yang tertangkap, di Gedung Merah Putih, Jakarta Selatan.

Hasil penindakan hukum, lanjut Firli, akan disampaikan Pimpinan KPK kepada publik sesudah proses pemeriksaan dan gelar perkara selesai.

Berdasarkan KUHAP, aparat penegak hukum punya waktu maksimal 24 jam untuk memeriksa orang yang ditangkap sebagai saksi.

Kalau cukup bukti adanya tindak pidana korupsi, KPK bisa meningkatkan status pemeriksaan ke penyidikan, dan menetapkan pihak yang terlibat sebagai tersangka.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs