Kamis, 25 April 2024

Mahasiswa Desain Undika Ciptakan Puzzle Construction di Meja Lipat

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Gresta Nanda Adji Prabangga, yang memberi sentuhan inovasi puzzle pada sebuah meja lipat/Puzzle Construction.

Peran orangtua bagi anak sangat diharapkan untuk ikut andil dalam proses pengembangan dan mendidik anak secara aktif, terlebih dalam hal mengasah kemampuan motorik.

Salah satu caranya melalui Puzzle Construction. Gresta Nanda Adji Prabangga, mahasiswa Prodi Desain Produk Universitas Dinamika (Despro Undika) berhasil memberi inovasi puzzle di meja lipat.

“Puzzle ini memang untuk anak usia dini, dari tiga sampai enam tahun,” ujar Gresta, berdasarkan data yang diterima Suara Surabaya, Rabu (7/9/2022).

Mahasiswa angkatan 2017 itu menjelaskan, ia membuat Puzzle Construction untuk membantu meningkatkan kecerdasan dan motorik anak-anak.

Selain itu, ia berharap melalui karya yang diciptakan mampu membuat orangtua lebih dekat dengan anak selama belajar di rumah.

“Jadi ini meja lipat namun punya dua sisi, nah pembedanya adalah tiap sisi meja punya gambar yang berbeda,” kata Gresta.

Ia menambahkan, bahwa idenya muncul saat sering melihat adik sepupunya yang berusia lima tahun sangat gemar bermain puzzle.

“Ya dari situ saya ada ide untuk inovasikan meja lipat ditambah puzzle agar lebih variatif dan tidak hanya sekadar alas untuk menulis saja,” terangnya.

Gresta menjelaskan, bahwa ia membutuhkan waktu selama satu bulan untuk membuat inovasi tersebut.

“Kesulitannya itu mencari tema yang disukai anak kecil untuk saya aplikasikan ke desain puzzlenya itu,” tuturnya.

Saat ini ada sekitar tiga meja dengan model dan tema serupa yang sudah Gresta buat. Ia pun berharap bisa lebih banyak memproduksi karyanya tersebut dan bisa dimanfaatkan oleh orangtua yang mempunyai anak usia dini. (des/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs