Selasa, 23 April 2024

Menko PMK Pimpin Upacara Pemakaman Azyumardi Azra

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Muhadjir Effendy Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) saat memberikan penghormatan terakhir kepada Azyumardi Azra Ketua Dewan Pers di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Senin (20/9/2022). Foto: Antara

Muhadjir Effendy Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) memimpin upacara pemakaman Azyumardi Azra Ketua Dewan Pers di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (20/9/2022).

Melansiri Antara, upacara pemakaman yang berlangsung mulai pukul 09.00 WIB itu digelar secara militer. Menko PMK bertindak sebagai Inspektur upacara. Jenazah dimakamkan di Blok Z Nomor 426 TMP.

Saat upacara pemakaman sejumlah tokoh hadir, seperti Jusuf Kalla Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, Listyo Sigit Prabowo Kapolri, Zainut Tauhid Sa’adi Wakil Menteri Agama, Nasaruddin Umar Imam Besar Masjid Istiqlal, Boy Rafli Amar Kepala BNPT, Agus Harimukti Yudhoyono Ketum Partai Demokrat, dan sejumlah tokoh lainnya.

Seusai pemakaman, Muhadjir mengaku kehilangan sosok besar dan juga sahabat dalam bidang akademik. Sebab, saat keduanya menjadi rektor, Muhadjir rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Azyumardi rektor UIN Syarif Hidayatullah, sering bertukar pikiran soal pengembangan kampus.

“Kita sangat kehilangan atas kepergian beliau, karena khazanah intelektual yang telah beliau bangun sangat bermakna bagi kemajuan bangsa ini, khususnya dalam bidang ilmu-ilmu sosial dan juga kebudayaan plus keilmuan keislaman,” kata Menko PMK.

Selain itu, keduanya juga sama-sama aktif di organisasi Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), sehingga kedekatan yang terjadi begitu erat.

“Tapi, saat beliau menjadi Ketua Dewan Pers, kami sulit sekali bertemu karena kesibukan masing-masing,” kenang Muhadjir.

Sebelumnya, Azyumardi Azra mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia pada Minggu pukul 12.30 waktu setempat.

Mantan Rektor UIN Jakarta itu berpulang setelah sempat dirawat sejak Jumat (16/9/2022) akibat gangguan kesehatan yang dialaminya saat melakukan kunjungan kerja ke Malaysia.(ant/gat/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
29o
Kurs