Kamis, 11 Agustus 2022

Pakal Berduka, 29 Warganya Jadi Korban Kecelakaan Bus Pariwisata di Tol Mojokerto

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ambulance pembawa jenazah Nita tiba di Benowo, Kecamatan Pakal Surabaya, Senin (16/5/2022). Foto: Retha Yuniar suarasurabaya.net

Trenggono Wahyu Wibowo Camat Pakal menyampaikan, puluhan warganya yang berasal dari Kelurahan Benowo, Kecamatan Pakal, Kota Surabaya, telah menjadi korban kecelakaan rombongan bus pariwisata PO. Ardiansyah yang terjadi di Tol Mojokerto-Surabaya (Sumo), KM 712 ruas tol Mojokerto arah Surabaya, Senin (16/5/2022).

“Dari total 33 penumpang bus, sebanyak 29 korban berasal Kecamatan Pakal,” kata Trenggono Wahyu Wibowo seusai pemakaman Nita Ningagustin di Makam TPU Benowo, Senin (16/5/2022).

Kepada suarasurabaya.net, Trenggono menyampaikan bahwa rombongan berangkat pada Sabtu (14/5/2022) sekitar pukul 21.00 WIB.

“Warga yang berangkat dalam rombongan terdiri dari gabungan RW I, II, IV dan rekreasi ini sendiri merupakan murni inisiatif warga dan bukan acara yang dikoordinir RT maupun RW,” paparnya.

Trenggono mengatakan, sudah mendelegasikan petugas penggali kubur untuk menyiapkan 12 liang.

“Kita siapkan 12 liang. Karena jenazah Andi Suyanto suami Nita Ningagustin diminta keluarga untuk dimakamkan di Kedamean Gresik,” imbuhnya.

Sekitar pukul 14.00 WIB jenazah atas nama Nita Ningagustin (34) dan Andi Suyanto (47), tiba di Yayasan Thorioul Jannah yang berlokasi tepat di samping makam TPU Benowo.

Setelah disalatkan, jenazah Nita langsung dimakamkan di TPU Benowo, sementata jenazah Andi Suyanto langsung diberangkatkan ke Kedamean Gresik.

Selain itu, adapula jenazah Ainur Rofiq, warga Jl. Benowo gang III yang ikut dimakamkan di makam TPU Benowo.

“Nita Ningagustin dan Andi Suyanto sendiri merupakan pasangan suami istri yang sebelumnya dievakuasi ke RSUD Dr. Wahidin Sudirohusodo Mojokerto, mereka meninggalkan anak berinisial CP kelahiran tahun 2007, yang juga menjadi korban dalam laka ini dan sedang mendapatkan perawatan,” kata Trenggono Wahyu.

Selain informasi tentang dua jenazah tersebut, masih akan ada lima jenazah lain yang akan datang di Jalan Benowo, dan merupakan warga di gang II dan gang III Kelurahan Benowo, Kecamatan Pakal, Surabaya.

“Saat ini saya sedang berkoordinasi dengan Jasa Raharja, Koramil dan Dinas Sosial untuk melakukan pendampingan dan penyampaian santunan untum keluarga korban,” imbuh Trenggono.

Sementara itu, update terbaru dari Kepolisian memastikan korban meninggal kecelakaan bus pariwisata di Jalan Tol Mojokerto-Surabaya di KM 712 berjumlah 14 orang.

Hal itu dikatakan AKBP Rofiq Himawan Kapolres Mojokerto Kota usai mengunjungi RSUD Dr. Wahidin Sudirohusodo Kota Mojokerto, Senin (16/5/2022).

“Hari ini sudah saya konfirmasikan pada Dokes Polda maupun tim forensik Polda Jatim, total orang yang meninggal ada 14 orang,” ungkapnya.

Sementara korban selamat yang mengalami luka berat dan ringan berjumlah 19 orang yang kini tengah dirawat di sejumlah rumah sakit.

Berdasarkan hasil pemeriksaan didapatkan total penumpang dalam bus rombongan wisata ini berjumlah 31 orang ditambah dua sopir.

“Penumpang ada 31, ditambah dua sopir utama dan cadangan, jadi total 33,” jelasnya. (tha/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Kecelakaan Truk Terguling di KM 750 Tol Waru

Surabaya
Kamis, 11 Agustus 2022
27o
Kurs