Sabtu, 20 April 2024

Polri Kerahkan Tim Drone Sisir Lokasi Terisolasi di Cianjur

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tim Drone Bidang TIK Korps Brimob Polri berdoa sebelum melakukan tugas penyisiran wilayah terisolir akibat gempa 5,6 magnitudo di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (26/11/2022). Foto: Antara

Polri mengerahkan Tim Drone Bidang TIK Korps Brimob untuk mendeteksi dan mencari kemungkinan lokasi pengungsian warga yang daerahnya terisolasi akibat gempa 5,6 magnitudo di Cianjur, Jawa Barat.

“Jadi, kami mengirim tim kecil menggunakan alat transportasi helikopter dari Polairud dan tim drone. Brimob telah membawa perlengkapan drone untuk mencari kemungkinan adanya shelter-shelter warga,” kata Kombes Polisi Rantau Isnur Eka Koordinator Tim SAR Vertical Rescue Satlat Korps Brimob dalam keterangan tertulis yang diterima Antara, di Cianjur, Minggu (27/11/2022).

Rantau mengatakan, tim khusus yang dibekali sejumlah drone atau pesawat tanpa awak itu berupaya mencari dan mendeteksi keberadaan pengungsian warga yang sulit dilalui kendaraan, baik roda dua dan roda empat.

Kalau tim drone menemukan lokasi pengungsian warga, langsung melaporkan ke posko Brimob atau Posko Induk Polda Jawa Barat yang ada di Cianjur untuk ditindaklanjuti, seperti mendistribusikan bantuan atau menolong warga yang membutuhkan evakuasi.

Dia optimistis tim tersebut dapat memberikan informasi akurat terkait proses pencarian. Karena, penggunaan helikopter dan drone bisa lebih efektif dan efisien dalam mencari lokasi pengungsian warga.

Dari proses pencarian hingga hari ini, Tim SAR Satlat Brimob telah menerima informasi dari 37 lokasi yang terisolasi dan hanya tersisa tiga lokasi, yaitu Kampung Kadu Gede, Pasir Manggu, dan Pasar Tunagan.

Dia juga mengatakan, tim drone yang difasilitasi Polairud akan menelusuri lokasi yang terisolasi selama sepekan ke depan. Sebelumnya, pemerintah menginstruksikan masa penanggulangan bencana berlangsung selama 30 hari.

“Kami sudah membawa bekal untuk enam hari perjalanan,” ungkapnya.

Selain menggunakan drone, pencarian informasi desa yang terisolasi dapat dilakukan melalui informasi lisan yang disampaikan warga setempat maupun informasi di media massa dan media sosial.

“Nah, nanti informasi dari media sosial itu bakal kami saring lagi semua,” tandasnya.(ant/tik/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs