Jumat, 14 Juni 2024

Ribuan Pinandita Jatim Berdoa Bersama untuk Menyongsong 2023

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Pinandita umat Hindu ketika melansungkan kegiatan keagamaan di Pura Agung Jagat Karana Surabaya pada Minggu (25/12/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sekitar seribu pinandita dari Jawa Timur melangsungkan doa bersama dengan berkumpul di Pura Agung Jagat Karana Surabaya pada Minggu (25/12/2022).

Pinandita adalah sebutan untuk rohaniwan dalam agama Hindu yang berperan dalam melaksanakan upacara persembahyangan.

I Made Jiwa Astika Ketua Pinandita Jatim, mengatakan bahwa kegiatan berdoa itu dilaksanakan untuk menyongsong tahun 2023 agar dapat berjalan lebih baik.

“Agar dianugerahi kesehatan, kebahagiaan, dan kesuksesan,” ucapnya.

I Made mengatakan, banyak informasi yang mengatakan bahwa di tahun 2023 nanti akan banyak tantangan sehingga banyak pula yang merasa pesimis untuk menjalani tahun depan.

“Maka dari itu, kita pinandita umat Hindu berdoa dengan 1000 genta, mendoakan semoga di tahun 2023 ini yang kita songsong bebas terhindar dari musibah-musibah,” ucapnya.

Suasana sambutan oleh pinandita dalam acara doa bersama di Pura Agung Jagat Karana Surabaya pada Minggu (25/12/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Dalam kesempatan itu, I Made juga menyatakan bahwa kegiatan tesebut juga diadakan sebagai bentuk untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa, yang telah memberi banyak anugerah.

“Meskipun banyak tantangan yang kita rasakan dan kita lihat, yang terjadi di tahun 2022 ini,” ujarnya.

Selain merapal syukur dan melantunkan doa, dalam acara keagamaan itu juga dilakukan peningkatan kompetensi pinandita.

“Peningkatan kompetensinya dalam artian bagaimana pemahaman tentang agamanya, tentang sikap, mentalnya, etikanya sebagai seorang pinandita, dan juga untuk menambah keterampilan pinandita dalam memimpin doa umat,” ungkapnya.

“Jadi, peningkatan kompetensi ini meliputi knowledge, attitude, dan skill,” imbuhnya.

Suasana kegiatan doa bersama yang dilakukan oleh pinandita se-Jawa Timur di Pura Agung Jagat Karana Surabaya pada Minggu (25/12/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

I Made berharap, melalui kegiatan tersebut, tahun 2023 bisa dilalui dengan baik serta masyarakat dapat hidup dengan aman, damai, dan tidak ada konflik.

“Meskipun tahun depan tahun politik, melalui doa inilah semoga masyarakat kita kita damai, santi, tidak menimbulkan problem di masyarakat, tidak gontok-gontokan dan tentunya bahagia,” pungkasnya.(ris/rum/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 14 Juni 2024
26o
Kurs